Peningkatan Kompetensi Kepala Laboratorium melalui Workshop Pengelolaan Laboratorium Fisika Sekolah Menengah Atas (SMA) Se Kota Padang Panjang

Asrul, Asrul and Yulkifli, Yulkifli and Murtiani, Murtiani and Asrizal, Asrizal (2015) Peningkatan Kompetensi Kepala Laboratorium melalui Workshop Pengelolaan Laboratorium Fisika Sekolah Menengah Atas (SMA) Se Kota Padang Panjang. Other. FMIPA UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
Laporan Pengabdian 2015 Topik Labor Asrul dan Yulkifli dkk.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Laboratorium IPA di sekolah berfungsi sebagai tempat berlangsungnya kegiatan pembelajaran yang memerlukan peralatan yang tidak mudah dihadirkan di ruang kelas. Dengan kata lain, laboratorium IPA (fisika, kimia, dan biologi) berfungsi sebagai tempat pembelajar dalam upaya meniru ahli IPA mengungkap rahasia alam dalam bentuk proses pembelajaran. Oleh karena itu, kepala sekolah, pengelola, guru IPA, dan unsur-unsur terkait lainnya harus mampu mengelola dan memanfaatkan laboratorium IPA secara efektif dan efisien, sehingga dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar IPA bagi siswa. Laboratorium yang baik pada umumnya adalah laboratorium yang dikelola dengan efektif dan efesien. Agar laboratorium sekolah dapat berperan, berfungsi dan bermanfaat seoptimal mungkin, maka diperlukan pemahaman terhadap pengelolaan laboratorium. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat dana PNBP UNP 2015 kami dari TIM Pengabdian Jurusan Fisika telah melakukan kegiartan pegabdian masyrakat dengan khlayak sasaran pengelola laboratorium Fisika Se Kota Padang Panjang. Untuk memudahkan koordinasi kegiatan maka Tim bekerjasama dengan Hendra Arinal, S.PD., M.Si. selaku Ketua MGMP Fisika Kota Padang Panjang dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Panjang. Kegiatan workshop dilakukan pada hari minggu tanggal 30 November 2015 bertempat di SMAN I Sumatera Barat. Pembukaan kegiatan dihadiri oleh pengurus berserta anggota MGMP Fisika kota Padang Panjang , Wakil Dekan I FMIPA UNP Dr. Yulkifli, S.Pd., M.Si, sekaligus sebagai anggota TIM dan sekaligus membuka secara resmi kegiatan workshop. Jumlah peserta yang hadir hanya 14 orang dari 20 orang yang diundang. Untuk mengevaluasi keterlaksanaan kegiatan diakhir kegiatan disebarkan angket evaluasi. Berdasarkan hasil angket diperoleh rata-rata persentase tiap indikator memberikan hasil ”BAIK”, Namun pada indikator Kesiapan Acara Pembukaan peserta menyatakan ”Cukup" (20.00%), hal ini dikarenakan banyaknya kegiatan lain yang bersamaan dengan waktu pelaksanaan workshop, sehingga panitia kesulitan untuk mencari ruangan tempat pelaksanaan workshop. Angket Penyajian Instruktur diperoleh informasi rata-rata tiap indikator memberikan persentase pada nilai ”Baik”, untuk indikator Ketepatan Waktu Penyajian dan Penguasaan kelas dan komunikasi dengan peserta, dengan persentase 57.89%. Persentase tertingi (”Sangat Baik”) berada pada indikator Kemampuan Memotivasi Peserta Pelatihan (68.42%), menyusul kemudian pada Penguasaan materi pelatihan oleh Instruktur (63.16%), hal ini menunjukkan bahwa penyajian workshop oleh Instruktur secara keseluruhan berjalan dengan baik, peserta mengerti dengan materi yang disampaikan dan puas dengan kesiapan pemateri dalam menyediakan bahan/materi workshop

Item Type: Monograph (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Sep 2018 04:08
Last Modified: 26 Sep 2018 04:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17526

Actions (login required)

View Item View Item