Orkshop Peningkatan Kompetensi Guru-Guru IPA dalam Pembuatan Perangkat Pembelajaran Terintegrasi Pendidikan Karakter di Mgmp IPA SMP Kota Padang Panjang

Lufri, Lufri and Yulkifli, Yulkifli and Yarman, Yarman and Amrin, Amrin (2015) Orkshop Peningkatan Kompetensi Guru-Guru IPA dalam Pembuatan Perangkat Pembelajaran Terintegrasi Pendidikan Karakter di Mgmp IPA SMP Kota Padang Panjang. Other. FIK UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
LAPORAN AKHIR Pengabdian 2015 Lufri dan Yulkifli dkk.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan kegiatan PKM 2015 oleh TIM dengan sasaran kegiatan ini adalah Guru-guru IPA SMP Kota Padang Panjang. Pemilihan kalayak sasaran dilakukan secara acak terhadap Guru-guru IPA SMP se kota Padang Panjang dan berdiskusi dengan ketua MGMP IPA Kota PadangPanjang. Kegiatan akan berlangsung dengan baik jika dilakukan persiapan dengan baik. Seminggu setelah proposal disetujui untuk didanai kami dari TIM langsung berkoordinasi untuk melakukan persiapan workshop. Untuk memudahkan koordinasi kegiatan maka Tim bekerjasama dengan Pengurus MGMP IPA Kota Padang Panjang Drs. Sahrizal. TIM berbagi peran dengan Pengurus MGMP, TIM bertanggung jawab dalam mempersipakan materi workshop, narasumber, sedangkan Pengurus MGMP bertangung jawab mencarikan tempat kegiatan dan menghadirkan anggotanya pada saat kegiatan. Rencana kegiatan workshop adalah tanggal 19 dan 26 November 2015. Kesepakatan semula kegiatan akan diadakan pada hari Rabu tanggal 06 dan 26 November 2015, namun karena ada kaegiatan MGMP dari Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang dan hari Kopri sehingga kegiatan ditunda menjadi tanggal 28Desember 2015. Kegiatan PKM di hadiri oleh semua TIM dan Pimpian Fakultas dan Guru-guru IPA., Kegiatan dibuka oleh Dekan FMIPA Prof. Dr. Lufri, M.Si. Selesai acara seremonial pembukaan maka kegiatan dilakukan dengan pemberian materi workshop. Pemberian materi dibagai menjadi tahap tahap. Tahap I materi yang disampaikan adalah tentang Materi Karakter dalam Pembelajaran IPA oleh Prof. Dr. Lufri, M.Si., kemudian dilanjutkan dengan materi integrasi materi Biologi, Fisika dan Kimia ke dalam IPA Terpadu oleh Drs. Amrin, M.Si dan Dr. Yulkifli, M.Si. Sedangkan untuk materi tentang kebijakan pemerintah terhadap IPA terpadu serta R&D Perangkat Pembelajaran IPA dan Model Pembelajaran terintegrasi nilai-nilai karakter disampaikan oleh Dr. Yulkifli, M.Si. Tahap II Materi adalah focus group discussi tentang pembuatan perangkat pembelajaran terintegrasi pendidikan karakter Berdasarkan Evaluasi kegiatan yang diedarkan ke peserta diperoleh informasi ratarata persentase tiap indikator untuk penyelengaraan kegiatan memberikan hasil ”BAIK”, artinya peserta menyatakan bahwa penyelenggaraan kegiatan berjalan dengan baik, bahkan untuk indikator kesiapan Kesiapan konsumsi/akomondasi dan Pelaksanaan Penyajian menjawab ”Sangat Baik”. Namun pada indikator Kegiatan Sosisalisasi hanya bernilai ”Cukup", hal ini dikarena pendeknya waktu antara pelaksanaan kegiatan dengan pengumuman pendanaan kegiatan sangat dekat waktunya. Untuk Indikatornya lainnya berada pada posisi ”Baik”. Sedangkan untuk penyajian instruktur diperoleh hasil angket rata-rata tiap indikator memberikan persentase pada nilai ” Baik”. Kemudian oleh indikator Penguasaan Kelas dan Komunikasi dengan Peserta serta kemampuan instruktur secara keseluruhan ”Sangat Baik” (66,67%). Persentase tertingi (”sangat baik”) berada pada indikator Penguasaan Materi Pelatihan (75%), hal ini menunjukkan bahwa penyajian bimbingan oleh instruktu secara keseluruhan berjalan dengan baik, sehingga peserta mengerti dengan materi yang disampaikan dan puas dengan kesiapan pemateri dalam menyediakan bahan/materi bimbingan teknis. Kegiatan Pengabdian yang dilakukan sangat memberi arti terhadap MGMP IPA Kota Panjang dan bagi-guru partisipan yang berasal dari kota Padang Pariaman dan Padang Panjang Sumatera Barat. Saran dan harapan dari peserta adalah kegiatan ini perlu dilanjutkan secara kontinui untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ditemui guru-guru dilapangan. Untuk efesiensi dan ekfektifitas pelaksanaan kegiatan pengabdian harus direncakan jauh lebih baik dari sekarang, tetutama untuk memilih masalah yang paling urgen untuk diselesaikan.

Item Type: Monograph (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Sep 2018 03:01
Last Modified: 26 Sep 2018 03:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17488

Actions (login required)

View Item View Item