Peningkatan Berbahasa Anak Melalui Boneka Cerita di Taman Kanak – kanak Tunas Harapan Pasir Lawas Kecamatan Sungai Tarab

Mirwati, Elva Roza (2017) Peningkatan Berbahasa Anak Melalui Boneka Cerita di Taman Kanak – kanak Tunas Harapan Pasir Lawas Kecamatan Sungai Tarab. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_ELVA_ROZA_MIRWATI_59451_250_2018.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

Kemampuan anak dalam kegiatan peningkatan berbahasa anak di Taman Kanak – kanak Tunas Harapan Pasir Lawas Kecamatan Sungai Tarab belum berkembang. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak dengan menggunakan boneka cerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yaitu suatu penelitian yang bersifat meningkatkan proses pembelajaran yang dilaksanakan. Data penelitian yang diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I terjadi sedikit peningkatan dan dilanjutkan tindakan pada siklus II terjadi peningkatan sesuai dengan yang diharapkan. Pada hasil tindakan yang dilakukan terdapat peningkatan kemampuan pada keterampilan berbahasa melalui boneka cerita dari sebelum tindakan rata-rata dua belas persen, pada Siklus I meningkat mencapai tiga puluh enam persen, dan pada Siklus II meningkat mencapai delapan puluh tujuh persen melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) yang telah ditetapkan . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui boneka cerita dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak di Taman Kanak – kanak Tunas Harapan Pasir Lawas Kecamatan Sungai Tarab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Sep 2018 02:59
Last Modified: 26 Sep 2018 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17461

Actions (login required)

View Item View Item