Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi dengan Model Pendekatan PAIKEM bagi Siswa Kelas V SDN 01 Koto Balingka Kecamatan Koto Balingka.

Zulfahmi, Zulfahmi (2017) Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi dengan Model Pendekatan PAIKEM bagi Siswa Kelas V SDN 01 Koto Balingka Kecamatan Koto Balingka. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ZULFAHMI_58328_012_2018.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan membaca puisi siswa. Hal ini dikarenakan siswa yang belum terampil dalam membaca puisi yang baik dan benar dan kurangnya kemampuan guru dalam menerapkan metode pembelajaran membaca puisi. Tujuan penelitian ini adalah peningkatkan kemampuan membaca puisi dengan model pendekatan PAIKEM bagi siswa kelas V SDN 01 Koto Balingka Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus, terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada masing-masing siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 01 Koto Balingka Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat, berjumlah 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada siklus I prabaca rata-rata nilai 69,4 meningkat menjadi 81,5 pada siklus II, pada siklus I saat baca rata-rata nilai 66,3 meningkat menjadi 76,6 pada siklus II, pada siklus I pascabaca rata-rata mendapat nilai 62,6 meningkat menjadi 74,9 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca puisi dengan model pendekatan PAIKEM bagi siswa kelas SDN 01 Koto Balingka

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Sep 2018 02:59
Last Modified: 26 Sep 2018 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17457

Actions (login required)

View Item View Item