Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses di Kelas IV SDN. 05 Muara Kandis Kabupaten Pesisir Selatan

MARNI, YELLIS (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA dengan menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses di Kelas IV SDN. 05 Muara Kandis Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_YELLIS_MARNI_1108379_617_2018.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatar belakangi cara mengajar guru yang kurang mampu memilih dan menggunakan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam sehingga siswa belum mandiri dalam melakukan penelitian pada materi yang telah ditentukan, ini mengakibatkan hasil belajr IPA siswa di SDN 05 Muara Kandis menjadi rendah. Untuk mengatasinya digunakan pendekatan keterampilan proses. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 05 Muara Kandis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang alur penelitiannya meliputi aspek pengembangan perencanaan, melakukan tindakan sesuai rencana, melakukan observasi dan melakukan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 05 Muara Kandis. Data penelitian berupa hasil pengamatan dan hasil tes. Peneltian terdiri dari dua siklus dengan 4 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada : (a) perencanaan pembelajaran siklus I rata-rata 74,5 (kriteria C), dan siklus II meningkat menjadi 87 (kriteria B), (b)aktivitas guru siklus I dengan nilai 76,5 (kriteria C) dan pada siklus II meningkat menjadi 83,8 (kriteria B), (c) aktivitas siswa siklus I dengan rata-rata 80 (kriteria B) dan siklus II meningkat menjadi 85,5 (kriteria B), (d) hasil belajar siswa siklus I memperoleh nilai rata-rata 72,3 (kriteria C) dengan tingkat ketuntasan sudah 60, untuk itu dilanjutkan penilaian pada siklus II mendapatkan nilai 89,1 (kriteria B) dengan tingkat ketuntasan 95. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses dikelas IV SDN 05 Muara Kandis Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Sep 2018 02:59
Last Modified: 26 Sep 2018 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17452

Actions (login required)

View Item View Item