Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Kemampuan Kognitif pada Materi KPK dan FPB Siswa Kelas V SD Negeri 09 Belakang Balok Bukittinggi

Witrayeni, Vivi (2018) Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Kemampuan Kognitif pada Materi KPK dan FPB Siswa Kelas V SD Negeri 09 Belakang Balok Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_VIVI_WITRAYENI_1300430_931_2018.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang belum dikaitkan dengan masalah kontekstual yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan PMRI terhadap kemampuan kognitif pada materi KPK dan FPB siswa kelas V SD Negeri 09 Belakang Balok Bukittinggi. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dalam bentuk the nonequivalent posttest-only control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 09 Belakang Balok Bukittinggi sebanyak 53 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampel. Sampel yang digunakan yakni siswa kelas VA yang berjumlah 27 orang dan siswa kelas VB yang berjumlah 26 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian. Data yang terkumpul sebelumnya diuji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan PMRI yaitu penggunaan konteks (pembelajaran dimulai dengan permasalahan sehari-hari), penggunaan model (menggunakan kalender untuk pembelajaran KPK dan kancing baju untuk pembelajaran FPB, prakteknya siswa antusias saat menggunakan model), pemanfaatan kontruksi siswa (prakteknya siswa kreatif ketika membuat strategi penyelesaian masalah), interaktivitas (siswa melaporkan hasil diskusi, prakteknya siswa aktif saat menampilkan hasil diskusi), keterkaitan (prakteknya siswa mengaitkan materi KPK dan FPB dengan pemfaktoran, perkalian, dan pembagian. Sehingga dapat dinyatakan pendekatan PMRI berpengaruh positif terhadap kemampuan kognitif pada materi KPK dan FPB siswa kelas V SD Negeri 09 Belakang Balok Bukittinggi. Hal ini dibuktikan dari hasil uji t dengan taraf signifikan 0,05 menunjukkan bahwa thitung>ttabel (2,126>2,008). Selain itu rata-rata posttest siswa di kelas eksperimen yaitu 85,15 lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata posttest pada kelas kontrol yaitu 75,70.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Sep 2018 02:58
Last Modified: 26 Sep 2018 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17449

Actions (login required)

View Item View Item