Hubungan Aktivitas Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas VI SD Semen Padang 1. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Susany, Susi (2018) Hubungan Aktivitas Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS di Kelas VI SD Semen Padang 1. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_SUSI_SUSANY_130586_698_2018.pdf

Download (369MB) | Preview

Abstract

Aktivitas belajar merupakan prinsip atau asas yang sangat penting dalam proses pembelajaran. tanpa aktivitas belajar, tidak akan memberikan hasil belajar yang baik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terdapatnya aktivitas belajar siswa yang randah, sehingga berdampak terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Kelas VI SD Semen Padang 1. Jenis penelitian adalah penelitian korelasional. Penelitian ini dilakukan di kelas VI SD Semen Padang 1 pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Semen Padang 1. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel yang digunakan adalah seluruh populasi yakni seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu melakukan observasi dan tes. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, tingkat aktivitas belajar siswa kelas VI SD Semen Padang tergolong baik dengan persentase 66,67%. Kedua, tingkat hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas VI SD Semen Padang tergolong baik sekali dengan persentase 36,67%. Ketiga, hasil uji hitpotesis menggunakan korelasi product moment memperoleh koofisien korelasi (rhitung) sebesar 0,789, menunjukkan semakin tinggi nilai aktivitas belajar yang dieroleh, maka semakin tinggi hasil belajar siswa. Sebaliknya semakin rendah nilai aktivitas yang diperoleh, maka akan semakin rendah hasil belajar yang diperoleh siswa.. Dapat disimpulkan terdapat hubungan positif dan kuat antara aktivitas belajar dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Kelas VI SD

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Sep 2018 02:58
Last Modified: 26 Sep 2018 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17448

Actions (login required)

View Item View Item