Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS dengan Model Problem Based Learning(PBL) di Kelas IV SD Negeri 09 Air Tawar Barat Padang

Adriani, Rita (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS dengan Model Problem Based Learning(PBL) di Kelas IV SD Negeri 09 Air Tawar Barat Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_RITA_ADRIANI_1204961_496_2018.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan di SDN 09 Air Tawar Barat bahwa (1) guru kurang mengaitkan pembelajaran IPS dengan masalah-masalah nyata dikehidupan sehari-hari.(2) guru kurang mengembangkan nalar siswa dalam memecahkan masalah dalam pembelajaran.(3) guru kurang membimbing siswa dalam belajar kelompok. Sehingga siswa kurang terlibat secara langsung dalam mengembangkan pengetahuan yang dimilikinya dan menganalisa masalah yang ditemukan dalam proses pembelajaran. Hal ini mengakibatkan hasil pembelajaran IPS masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan, pelaksanakan dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SDN 09 Air Tawar Barat Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaanya, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan tes. Dilaksanakan melalui kerjasama dengan guru kelas dan teman sejawat. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 09 ATB yang berjumlah 25 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah. Berdasarkan hasil analisis data maka didapatkan hasil Rencana Pelaksanaan Pembelajaran siklus I nilai rata-rata 69,64% ( Cukup ), meningkat pada siklus II menjadi 85,8 % (SB). Penilaian aktivitas guru siklus I nilai rata-rata 85,71% (SB), meningkat pada siklus II menjadi 92,86% (SB). Penilaian aktivitas siswa siklus I nilai rata-rata 70,54 (Cukup), meningkat pada siklus II 87,50% (SB). Hasil belajar siswa siklus I nilai rata-rata 71,09 (Cukup), meningkat pada siklus II menjadi 87,50% (SB). Dengan demikian dapat disimpulkan model Problem Based Learning telah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 09 Air Tawar Barat Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Sep 2018 02:58
Last Modified: 26 Sep 2018 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17438

Actions (login required)

View Item View Item