Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita KPK dan FPB dengan Pendekatan Problem Based Learning di Kelas IV SDN 29 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

Rasnita, Rasnita (2016) Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita KPK dan FPB dengan Pendekatan Problem Based Learning di Kelas IV SDN 29 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_RASNITA_56676_240_2018.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar soal cerita KPK dan FPB disebabkan pembelajaran hanya berpusat pada guru dan sedikit melibatkan siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rencana pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar soal cerita KPK dan FPB dengan pendekatanProblem Based Learning di kelas IV SDN 29 Batang Anai. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus I: 2 x Pertemuan, danSiklus II: 1 x Pertemuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 29 BatangAnai.Intsrumen penelitian adalah lembar observasi dan hasil tes adalah proses pembelajaran soal cerita KPK dan FPB dengan pendekatan Problem Based Learning. Hasil penelitian tindakan kelas ini diperoleh gambaran bahwa perencanaan pembelajaran pada siklus I baru berkualifikasi cukup dan pada perencanaan pembelajaran pada siklus II sudah berkualifikasi sangat baik,pelaksanaanpembelajaran soalcerita KPK dan FPB dapat meningkatkan kemampuan siswa, sehingga dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Hasil tes siswa pada akhir tindakan siklus I menunjukkan nilai ratarata, hasil belajar siswa (aspek kognitif, afektif dan psikomotor) adalah 66,43% (kurang sekali) dan pada akhir siklus II nilai rata-rata belajar meningkat menjadi 87,22% berkualifikasi baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar di kelas IV SDN 29 Batang Anai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Sep 2018 02:57
Last Modified: 26 Sep 2018 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17428

Actions (login required)

View Item View Item