Bentuk Penyajian Gendang Serunai dalam Upacara Pesta Perkawinan di Sungai Guntung Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir

Putri, Prayuni Amanda (2018) Bentuk Penyajian Gendang Serunai dalam Upacara Pesta Perkawinan di Sungai Guntung Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_PRAYUNI_AMANDA_PUTRI_1301155_563_2018.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan Bentuk Penyajian Gendang Serunai dalam Upacara Pesta Perkawinan di Sungai Guntung Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir. Jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis, objek penelitian kesenian gendang serunsi di tinjau dari bentuk penyajiannya dalam upacara pesta perkawinan, pengumpulan data dengan cara studi kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data secara analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk penyajian gendang serunai dalam upacara pesta perkawinan di Sungai Guntung Kecamatan Kateman adalah ensamble campuran, dimana terdapat alat musik gendang, serunai dan gong yang dimainkan secara bersama-sama. Kesenian gendang serunai ini juga diiringi silat dan tari inai dalam bentuk penyajiannya. Dimana posisi pemain gendang saling berhadapan, pemain serunai berada dibelakang serong pemain gendang jantan, serta pemain gong berada di balakang serong pemain gendang betina. Ada 2 prosesi bentuk penyajian gendang serunai pada acara pesta perkawinan, yaitu penyajian pembukaan yakni gendang serunai di sertai dengan penampilan silat dan penyajian inti yaitu dengan di sertai penari inai. Kesenian gendang serunai ini ditampilkan pada upacara pesta perkawinan dan acara penyambutan tamu-tamu penting.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Sep 2018 00:48
Last Modified: 25 Sep 2018 00:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17403

Actions (login required)

View Item View Item