Pengaruh Strategi Purpose, Overview, Interpret, Note, Test (POINT) terhadap Keterampilan Membaca Pamahaman Siswa Kelas IV SDN 10 Sungai Sapih

Meliawati, Nining (2018) Pengaruh Strategi Purpose, Overview, Interpret, Note, Test (POINT) terhadap Keterampilan Membaca Pamahaman Siswa Kelas IV SDN 10 Sungai Sapih. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_NINING_MELIAWATI_130493_629_2018.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran membaca pemahaman di SD masih dianggap sebagai pembelajaran yang membosankan dan monoton, kondisi ini disebabkan karena pelaksanaan prosedur pembelajaran membaca yang kurang baik, dimana dampak nyata dari kondisi ini yaitu kemampuan membaca siswa masih sangat rendah, sehingga dapat dilihat bahwa tujuan membaca pemahaman belum terlaksana dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi POINT terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 10 Sungai Sapih tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Non-Equivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 10 Sungai Sapih yang berjumlah 154 siswa. Pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas IVA yang terdiri dari 31 siswa dan kelas IVB terdiri dari 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan rumus uji-t yang didahului uji normalitas dan homogenitas variansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi POINT terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 10 Sungai Sapih. Hal ini dibuktikan dari uji-tt dengan taraf signifikan 5% diperoleh (5,836) > (2,000). Nilai menunjukkan bahwa keterampilan membaca pemahaman kedua kelompok berbeda secara signifikan. Nilai keterampilan membaca pemahaman yang diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol, ditunjukkan dari mean yang diperoleh kelompok eksperimen 85,96 dan mean yang diperoleh kelompok kontrol sebesar 78,87. Berdasarkan nilai tersebut, dapat disimpulkan bahwa strategi POINT lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Sep 2018 00:48
Last Modified: 25 Sep 2018 00:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17396

Actions (login required)

View Item View Item