Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Menggunakan Model Picture and Picture pada Siswa Kelas V SD Negeri 08 Pisang Kecamatan Pauh Kota Padang

Absari, Nina (2017) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Menggunakan Model Picture and Picture pada Siswa Kelas V SD Negeri 08 Pisang Kecamatan Pauh Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_NINA_ABSARI_1304986_274_2018.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya hasil menulis narasi siswa kelas V SD Negeri 08 Pisang. Rendahnya hasil menulis siswa disebabkan oleh model pembelajaran yang digunakan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis narasi menggunakan model picture and picture di Kelas V SD Negeri 08 Pisang Kecamatan Pauh Kota Padang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian terdiri dari dua siklus yang terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi pada masing-masing siklus. Subjek penelitian ini adalah peneliti selaku guru, dan siswa kelas V yang berjumlah 28 orang, yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Data penelitian berupa informasi tentang proses, data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan catatan setiap tindakan serta hasil belajar siswa pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan, terlihat pada pengamatan aktivitas guru dan aktivitas siswa, hasil pengamatan aktivitas guru siklus I yaitu 79%, pada siklus II meningkat menjadi 94,2%, sedangkan hasil pengamatan aktivitas siswa siklus I yaitu 69%, pada siklus II meningkat menjadi 92,3%. Peningkatan proses pembelajaran terlihat pada nilai tahap prapenulisan siklus I dengan rata-rata 70,2%, pada siklus II meningkat menjadi 86,9%. Pada tahap penulisan siklus I rata-rata nilai siswa adalah 60,2%, pada siklus II meningkat menjadi 80,3%. Pada tahap pascapenulisan siklus I rata-rata nilai siswa adalah 67,2%, pada siklus II meningkat menjadi 84,1%. Pada rekapitulasi nilai siswa terlihat jumlah nilai siswa pada siklus I yaitu 1844,55% dengan rata-rata kelas 65,8%, dan pada siklus II jumlah nilai siswa meningkat menjadi 2355,8% dengan rata-rata kelas 84,13%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis narasi menggunakan model picture and picture dapat meningkat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Sep 2018 00:48
Last Modified: 25 Sep 2018 00:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17392

Actions (login required)

View Item View Item