Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Pendekatan Inkuri Di Kelas IV SD N 08 Pasar Surantih Kabupaten Pesisir Selatan

Putri, Irma Dewi Riza (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Pendekatan Inkuri Di Kelas IV SD N 08 Pasar Surantih Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_IRMA_DEWI_RIZA_PUTRI_57050_223_2018.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah guru kurang mampu mengembangkan pendekatan pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa secara optimal dalam proses pembelajaran. Akibatnya siswa sering kali tidak bersemangat dan merasa jenuh dalam pembelajaran, sehingga hasil belajarnya rendah. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di lakukan PTK dengan menggunakan pendekatan inkuiri. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan pendekatan Inkuiri. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus yang terdiri dari kegiatan perencanan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi pada masing-masing siklus. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan lembar penialaian. Hasil penelitian diperoleh peningkatan nilai rata-rata kelas dari 73,5 pada siklus I menjadi 83 pada siklus II. Maka dapat disimpulkan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan inkuiri pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Sep 2018 00:47
Last Modified: 25 Sep 2018 00:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17381

Actions (login required)

View Item View Item