Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Menggunakan Strategi Directed Reading Activity (DRA) Di Kelas V SDN 36 Labuhan Tanjak Kec. Linggo Sari Baganti Kab. Pesisir Selatan

Hasmaini, Hasmaini, (2018) Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi Menggunakan Strategi Directed Reading Activity (DRA) Di Kelas V SDN 36 Labuhan Tanjak Kec. Linggo Sari Baganti Kab. Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_HASMAINI_1108381_560_2018.pdf

Download (655kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran puisi belum sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Guru belum menggunakn strategi pembelajaran yang mengembangkan langkah membaca puisi. Sehingga kemampuan membaca puisi rendah. Penelelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca siswa dalam pembelajaran membaca puisi dengan menggunakan strategi DRA Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilksanakan dalam II siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 x pertemuan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data adalah proses pembelajaran membaca puisi menggunakan strategi DRA. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas Vsebanyak23orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) Pelaksanaan pada aktivitas guru, siklus I 71,42%, kriteria cukup, dan siklus II 92,85%, ktireia sangat baik, meningkat 21,43%. aktivitas siswa siklus I pada kegiatan prabaca 71,52%, criteria cukup, dan siklus II pada kegiatan prabaca mningkat menjadi 78,52% kriteria baik, Siklus pada kegiatan saat baca 69% dan siklus pada kegiatan saat baca meningkat menjadi 77,69%, siklus I pada kegiatan pasca baca 76,65% siklus II pada kegiatan pasca baca meningkat menjadi 88,69% b) pengamatan hasil belajar siswa pada prabaca, saat baca dan pascabacasiklus I 72,05 kriteria cukup, dan siklus II 81,63 kriteria baik, meningkat 9,58. Berarti, strategi DRA dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa di kelas V SDN 36 Labuhan Tanjak Kec. Linggo Sari Baganti Kab. Pesisir Selatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Sep 2018 00:46
Last Modified: 25 Sep 2018 00:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17367

Actions (login required)

View Item View Item