Apresiasi Maasyarakat Jorong Mapun Nagari Sundata Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman terhadap Kesenian Rupano dalam Tradisi Baarak-arak Balimau

Hayati, Fitra (2018) Apresiasi Maasyarakat Jorong Mapun Nagari Sundata Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman terhadap Kesenian Rupano dalam Tradisi Baarak-arak Balimau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_FITRAH_HAYATI_1301116_566_2018.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menjelaskan tentang tingkat apresiasi Masyarakat JorongMapun Nagari Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman Sundata terhadap Kesenian Rupano dalam tradisi Baarakarak Balimau. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, yang bertujuan untuk mengungkapkan fenomena-fenomena yang terjadi terhadap keberadaan kesenian rupano dan tingkat epresiasi masyarakat terhadap kesenian rupano. Data diperoleh dengan pengamatan langsung dan wawancara serta studi pustaka dan dokumentasi. Data dianalisis berdasarkan fenomena yang terjadi terhadap keberadaan kesenian rupano dan apresiasi masyarakat terhadap kesenian tersebut dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penghargaan masyarakat terhadap Kesenian Rupano sangat kurang, sehingga walaupun kesenian ini ditampilkan masyarakat sudah tidak tertarik lagi untuk menyaksikannya. Tingkat apesiasi masyarakat terhadap kesenian rupano ditemukan sangat rendah. Masyarakat tidak mengenal dan memahami tentang seluk beluk dan falsafah ataupun estetika dari kesenian rupano, oleh karena itu masyarakat belum mengapresiasi kesenian rupano dengan baik. Hal ini dikarenakan masyarakat tidak menunjukkan kepedulian tentang perkembangan dan kelestarian kesenian tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Sep 2018 00:46
Last Modified: 25 Sep 2018 00:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17363

Actions (login required)

View Item View Item