Soni, Arman (2018) Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Paduan Suara di SMP Negeri 26 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_06_ARMAN_SONI_54796_1699_2018.pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler paduan suara untuk menumbuhkan minat siswa di SMP Negeri 26 Padang. Dalam proses kegiatan ini yang dilaksanakan di sekolah SMP Negeri 26 Padang ada kecendrungan siswa yang kurang aktif dalam mengikuti proses kegiatan ekstrakurikuler paduan suara yang mengakibatkan minat belajar siswa rendah. Hal ini disebabkan cara mengajar (keterampilan mengajar) pelatih paduan suara tersebut belum mampu meningkatkan minat siswa. Selain itu ada beberapa faktor penghambat yang terlihat dalam pelaksanaan paduan suara antara lain tidak disiplinnya siswa dalam proses latihan, ketepatan nada yang masih fals, pengucapan artikulasi yang masih kurang jelas, siswa masih sering terpengaruh dengan masing-masing kelompok suara yang lain. Untuk itu perlu dikembangkan keterampilan pelatih dalam mengajar agar dapat meningkatkan minat siswa dan meningkatkan proses kegiatan ekstrakurikuler paduan suara. Dalam hal ini pelatih menyiapkan materi latihan dengan cara menyiapkan jadwal latihan, menyiapkan materi, pengambilan nada dasar, melatih tangga nada atau solmisasi, membaca not angka lagu, melatih siswa sesuai dengan jenis suara masing-masing, melatih dinamika, dan melatih penjiwaan lagu sehingga menjadi lebih menarik belajar minat siswa untuk mempelajarinya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Objek penelitian ini adalah pelatih ekstrakurikuler paduan suara yang dilaksanakan di SMP Negeri 26 Padang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Analisis dilakukan melalui klasifikasi data, deskripsi, dan analisis, serta simpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan ekstrakurikuler paduan suara di SMPN 26 Padang masih belum berjalan dengan baik dan belum sepenuhnya menggunakan tahap latihan yang sempurna. Meskipun begitu, motivasi yang diberikan pelatih terhadap siswa dapat membuat rasa optimis dan semangat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler ini sehingga proses pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler paduan suara dapat terus berjalan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 25 Sep 2018 00:46 |
Last Modified: | 25 Sep 2018 00:46 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17356 |
Actions (login required)
View Item |