Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya Berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi di SMP Negeri 31 Padang

Musfira, Anggi (2018) Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya Berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi di SMP Negeri 31 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ANGGI_MUSFIRA_14023055_1261_2018.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran seni budaya khususnya materi ajar seni musik berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi di SMP Negeri 31 Padang. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan metode kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran seni budaya berdasarkan Kurikulum 2013 Revisi di SMP Negeri 31 Padang. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan peneliti dibantu dengan instrument pendukung berupa alat tulis, alat untuk merekam berupa audio dan kamera. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Analisis data dilakukan pada data primer dan data sekunder dan data dianalisis dilakukan dengan cara mengidentifikasi, mengklasifikasi, menganalisis dan mendeskripsikan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran Kurikulum 2013 revisi dalam pembelajaran seni budaya (musik) di SMP N 31 Padang belum sepenuhnya terlaksana sesuai dengan dimensi dan arah Kurikulum 2013 revisi. Dalam mengajar guru selalu memakai metode ceramah dan kooperatif, padahal guru telah mendapatkan pelatihan dan pengetahuan tentang Kurikulum 2013 revisi. Secara konsep, guru cukup memahami konsep Kurikulum 2013 revisi, namun dalam pelaksanaan masih ditemui ketimpangan, sehingga belum dapat mencapai tujuan pembelajaran antara lain Metode, Pelaksanaan 5M, Alokasi Waktu yang digunakan, dan Penulisan RPP. Maka inti dari permasalahan yang didapat peneliti adalah, peraturan tentang Kurikulum 13 revisi hanya tinggal peraturan dan yang dilaksanakan guru pun sesuai kehendak guru, jadi walaupun K13 revisi sudah di tetapkan guru belum keseluruhan menerapkan K13 revisi seperti semestinya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Sep 2018 00:46
Last Modified: 25 Sep 2018 00:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17354

Actions (login required)

View Item View Item