Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Menggunakan Model Picture and Picture di Kelas V SDN 17 Kecamatan 2 x 11 Kayutanam

Filaidi, Annisa (2018) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Menggunakan Model Picture and Picture di Kelas V SDN 17 Kecamatan 2 x 11 Kayutanam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_ANNISA_FILAIDI_1300412_630_2018.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis narasi siswa. Pembelajaran yang dilakukan guru tidak membimbing siswa dalam pilihan kata, ejaan, tanda baca dan alur cerita sehingga siswa kesulitan dalam membuat narasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis narasi dengan menggunakan model Picture and Picture di Kelas V pada tahap prapenulisan, tahap penulisan, dan tahap pascapenulisan. Subjek penelitian ini adalah peneliti selaku guru, dan siswa kelas V yang berjumlah 23 orang, yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada masing-masing siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi di kelas V SD, peningkatan terlihat pada pengamatan aktivitas guru dan aktivitas siswa, hasil pengamatan aktivitas guru siklus I yaitu 75%, pada siklus II meningkat menjadi 90%, sedangkan hasil pengamatan aktivitas siswa siklus I yaitu 75%, pada siklus II meningkat menjadi 90%. Peningkatan proses pembelajaran terlihat pada nilai tahap prapenulisan siklus I dengan rata-rata 66,34%, pada siklus II meningkat menjadi 78,65%. Pada tahap penulisan siklus I rata-rata nilai siswa adalah 68,26%, pada siklus II meningkat menjadi 79,13%. Pada tahap pascapenulisan siklus I rata-rata nilai siswa adalah 76,44%, pada siklus II meningkat menjadi 86,59% Pada rekapitulasi nilai siswa terlihat jumlah nilai siswa pada siklus I yaitu 1618,04% dengan rata-rata kelas 70,34%, dan pada siklus II jumlah nilai siswa meningkat menjadi 1873,48% dengan rata-rata kelas 81,45%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis narasi menggunakan model Picture and Picture dapat meningkat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 25 Sep 2018 00:46
Last Modified: 25 Sep 2018 00:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17353

Actions (login required)

View Item View Item