Minat Siswa Mengikuti Pengembangan Diri melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah

Ricardo, Rido (2018) Minat Siswa Mengikuti Pengembangan Diri melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_RIDO_RICARDO_1300408_550_2018.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pengembangan diri memegang peranan penting untuk mengembangkan kemampuan masing-masing siswa di sekolah, baik melalui layanan bimbingan dan konseling maupun kegitan ekstrakurikuler. Pengembangan diri yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu kegiatan ekstrakurikuler. Untuk mewujudkan peranan, serta mengoptimalkan tujuan dari kegiatan dibutuhkan minat yang sangat tinggi dari masing-masing siswa. Salah satu permasalahan yang terjadi adalah berkenaan dengan adanya beberapa dari siswa yang tidak mengikuti kegiatan yang disediakan pihak sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat siswa dalam mengikuti pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Penelitian ini merupakan jenis deskriptif dengan metode kuantitiatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 22 Padang yang berjumlah 288 siswa, dan sampelnya berjumlah 167 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Berdasarkan tujuan penelitian, hasil penelitian dapat dirincikan sebagai berikut: (a) keinginan siswa untuk memiliki sesuatu ketika mengikuti pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler berada pada kategori tinggi, (b) objek yang disenangi siswa dari ketika mengikuti pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler berada pada kategori sedang, (c) tindakan atau kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh sesuatu dari pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler berada pada kategori sedang, (d) upaya yang dilakukan untuk mewujudkan keinginan dari pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler berada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada seluruh pihak sekolah untuk sama-sama mendukung setiap pelaksanaan kegiatan yang ada, selanjutnya kepada guru BK lebih memprioritaskan ketika pelaksanaan orientasi kepada seluruh siswa agar ketika pemilihan jenis kegiatan nantinya sesuai dengan kemampuan dan bakat yang dimiliki masing-masing siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 21 Sep 2018 02:54
Last Modified: 21 Sep 2018 02:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17317

Actions (login required)

View Item View Item