Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa dalam Belajar (Studi Eksperimen terhadap Siswa SMA Negeri 1 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman

Putra, Aldio Kyoto (2018) Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa dalam Belajar (Studi Eksperimen terhadap Siswa SMA Negeri 1 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_ALDIO_KYOTO_PUTRA_1300394_907_2018.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Siswa dengan keterampilan bertanya yang rendah cenderung mengalami hambatan dalam kehidupannya, terutama dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan guru BK untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa yaitu melalui layanan penguasaan konten. Namun pada kenyataanya, upaya yang diberikan guru BK belum mencapai sasaran sesuai yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas layanan penguasaan konten menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini termasuk penelitian dengan rancangan Quasy-Experiment jenis The Non Equivalent Control Group. Tempat penelitian ini SMA N 1 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman dengan subjek kelas XI IPS 1 dan XI IPS 3. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, kemudian dianalisis dengan teknik uji beda (t-test). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan layanan penguasaan konten menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa dan lebih efektif digunakan dibandingkan dengan layanan penguasaan konten tanpa menggunakan model pembelajaran. Secara khusus temuan pada penelitian ini yaitu : (1) Terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan bertanya siswa kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan layanan penguasaan konten menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, (2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan bertanya siswa kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan perlakuan layanan penguasaan konten tanpa menggunakan model pembelajaran, (3) Terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan bertanya siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini menunjukan bahwa layanan penguasaan konten menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share efektif untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa. Dengan demikian, guru bimbingan dan konseling diharapkan dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa melalui layananpenguasaan konten menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Sep 2018 08:39
Last Modified: 20 Sep 2018 08:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17257

Actions (login required)

View Item View Item