Pengembangan Instrumen Analisis Performance Gap Dalam Merancang Assessing 21st Century Skill Pada Keterampilan Pemecahan Masalah

Huda, Ainul and Usmeldi, Usmeldi and Yohandri, Yohandri (2015) Pengembangan Instrumen Analisis Performance Gap Dalam Merancang Assessing 21st Century Skill Pada Keterampilan Pemecahan Masalah. In: Peran Riset dan Publikasi Dalam Pembelajaran Fisika yang Inovatif, Kreatif dan Berkarakter Guna Meningkatkan Daya Saing Bangsa, 7 November 2015, Padang.

[img]
Preview
Text
ProcSNPF II 2.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Peningkatan kompetensi dan keterampilan pada abad ke 21 (competence and 21st Century Skill) menyebabkan pergeseran kualifikasi untuk menempati profesi tertentu. Menanggapi hal ini, P21 dan ATCS21 melakukan pemetaanterhadap 21st Century Skill. Keterampilan yang dibutuhkan meliputi keterampilan berfikir, keterampilan dalam bekerja, keterampilan informasi dan literasi teknologi, dan keterampilan hidup bermasyarakat. Keterampilan pemecahan masalah (Problem Solving) pada pembelajaran fisika merupakan salah satu bagian dari keterampilan berfikir yang menilai kemampuan peserta didik dalam memahami dan mengidentifikasi berbagai kemungkinan solusi dalam permasalahan yang diberikan guru. Untuk mengetahui keterampilan pemecahan masalah peserta didik dalam pembelajaran fisika, maka dilakukan pengumpulan data. Alat pegumpulan data yang digunakan merupakan instrument yang terdiri atas 30 pernyataan. Instrumen yang dikembangkan digunakan untuk mengetahui ketimpangan antara indikator yang harus dikuasai peserta didik dengan kenyataan di lapangan (performance gap). Pengembangan instrument dilakukan melalui kajian pustaka menggunakan teori oleh para ahli, defenisi konsep dan menggunakan indikator yang jelas. Indikator kemudian dikembangakan menjadi kisi-kisi yang akan menjadi dasar dalam membuat pernyataan. Sebelum diuji coba di lapangan instrumen terlebih dahulu diverifikasi oleh pakar dalam bidangnya (expert judgement). Hasil analisis menunjukkan pernyataan yang valid sebanyak 12 butir dari 30 penyataan. Sedangkan reliabilitas soal menunjukkan hasil 0.789 dengan klasifikasi tinggi. Instrumen yang dikembangkan dapat digunakan dalam tahap analisis untuk mendapatkan data mengenai ketimpangan kinerja pada pembelajaran fisika.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 20 Apr 2016 07:12
Last Modified: 20 Apr 2016 07:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/172

Actions (login required)

View Item View Item