Unfamiliar Words of Minangkabaunese: A Case of Classic Minangkabaunese in Pitaruah Ayah Delivered by Angku Yus Dt. Parpatiah

Putra, Fahri Eka (2018) Unfamiliar Words of Minangkabaunese: A Case of Classic Minangkabaunese in Pitaruah Ayah Delivered by Angku Yus Dt. Parpatiah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_FAHRI_EKA_PUTRA_1205339_2229_2018.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pencarian kata-kata yang tidak familiar dalam bahasa Minangkabau yang ditemukan dalam nasehat berbahasa Minangkabau klasik berjudul “Pitaruah Ayah” oleh Angku Yus Dt. Parpatiah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menemukan kata-kata yang tidak familiar bagi generasi muda yang berbahasa Minangkabau yang ditemukan dalam dalam nasehat berbahasa Minangkabau klasik berjudul “Pitaruah Ayah” oleh Angku Yus Dt. Parpatiah (2) menemukan arti kata dari kata-kata tidak familiar tersebut (3) menemukan kelas kata dari kata-kata tidak familiar tersebut. Dari penelitian ini ditemukan 88 kata-kata yang tidak familiar bagi generasi muda Minangkabau pada nasehat berbahasa Minagkabau kasik berjudul Pitaruah Ayah oleh Angku Yus Dt. Parpatiah. Kelas kata yang paling dominan pada kata-kata tidak familiar bahasa Minangkabau adalah kata benda sebanyak 40.9 % dan 48% dari kata-kata tidak familiar yang ditemukan tidak terdapat dalam kamus. Beberapa faktor yang mempengaruhi ketidak familiaran kata ini adalah (1) perubahan bahasa pada bahasa Minangkabau (2) interfensi bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Sep 2018 01:32
Last Modified: 20 Sep 2018 01:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17177

Actions (login required)

View Item View Item