Studi Eksperimen Perbandingan Reduksi Pressure Drop Saluran Sempit Berpenampang Bujur Sangkar dengan Konfigurasi Silider Sirkular dengan Disturbance Body Berbentuk Circular dan Square

Hidayat, Nuzul and Fernandez, Donny (2016) Studi Eksperimen Perbandingan Reduksi Pressure Drop Saluran Sempit Berpenampang Bujur Sangkar dengan Konfigurasi Silider Sirkular dengan Disturbance Body Berbentuk Circular dan Square. In: Prosiding Peranan Pendidikan Teknologi dan Kejuruan dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), 2016, Padang.

[img]
Preview
Text
aptekindo nuzul hidayat.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK: Banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui karakteristik aliran fluida yang melintasi suatu bluff body. Salah satunya adalah penelitian tentang aliran yang melintasi silinder sirkular tunggal pada saluran yang sempit dan berpenampang bujur sangkar. Ketika aliran melalui susunan tersebut maka akan terjadi separasi pada titik tertentu pada silinder sirkular yang mengakibatkan gaya drag dan pressure drop. Penelitian ini bertujuan mereduksi pressure drop pada saluran yang terdapat konfigurasi silinder sirkular dengan menggunakan batang pengganggu pada upper dan lower side didekat bluff body. Penelitian ini akan dilakukan secara eksperimen pada sebuah wind tunnel yang mempunyai saluran sempit dengan blockage ratio 26.4%. Benda uji yang digunakan adalah silinder sirkular dengan diameter 25mm serta batang pengganggu yang berbentuk circular(CDB) dan square cylinder(SDB) dengan diameter 4mm. Batang pengganggu ditempatkan pada sisi upper dan lower posisi @20o, 30o, 40o dan jarak ( =0.4 mm) terhadap silinder sirkular utama. Bilangan Reynolds berbasis diameter hidrolik 15,6 x10 4 . Hasil yang didapatkan dari penelitian dengan penambahan batang pengganggu dapat mereduksi pressure drop pada saluran sempit berbentuk bujur sangkar. Reduksi yang paling baik menggunakan square disturbance body (SDB) dibandingkan dengan circular disturbance body (CDB).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 19 Sep 2018 06:55
Last Modified: 19 Sep 2018 06:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17174

Actions (login required)

View Item View Item