Pengembangan Instrumen Analisis Peserta Didik dalam Perancangan Buku Teks Fisika SMA

Febrianti, Widya and Fauzi, Ahmad and Yohandri, Yohandri (2015) Pengembangan Instrumen Analisis Peserta Didik dalam Perancangan Buku Teks Fisika SMA. In: Peran Riset dan Publikasi Dalam Pembelajaran Fisika yang Inovatif, Kreatif dan Berkarakter Guna Meningkatkan Daya Saing Bangsa, 7 November 2015, Padang.

[img]
Preview
Text
ProcSNPF II1.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Proses pendidikan bertujuan untuk mengembangkan kompetensi peserta didik.Analisis kompetensi awal peserta didik diperlukan untuk menentukanhal-hal yang dibutuhkan dalam pembelajaran. Hal ini dilakukan agar pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik. Salah satu kebutuhan dalam pembelajaran adalah sumber belajar.Sumber belajar utama yang digunakan peserta didik adalah buku teks. Sehingga, analisis kompetensi peserta didik diperlukan dalam melakukan perancangan buku teks. Penelitian dilakukan dengan metode kombinasi bertahap, yaitu metode kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan secara bertahap. Ujicoba lapangan dilaksanakan di SMA N 3 Bukittinggi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui angket, focus group discussions (FGD), workshop serta wawancara mendalam dan data sekunder yang diperoleh melalui penelitian kepustakaan dengan mengumpulkan data yang relevan dengan tema penelitian. Analisis data dilakukan dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan data yang diperoleh, kompetensi awal peserta didik yang perlu dianalisis adalah pada aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Aspek sikapmeliputi sikap spiritual dan sosial. Aspek pengetahuan meliputi pengetahuan faktual, konseptual, prinsipal, dan prosedural. Aspek keterampilan meliputiketerampilan mencoba, mengolah, menyaji, dan menalar.Hasil analisis dari penyebaran angket menunjukkan bahwa 1) sikap awal peserta didik tergolong sedang, dengan rata-rata untuk sikap spiritual dan sikap sosial adalah 79,22; 2) pengetahuan awal peserta didik tergolong tinggi, dengan rata-rata untuk pengetahuan faktual, konseptual, prinsipal, dan prosedural adalah82,51; dan 3) keterampilan awal peserta didik tergolong sedang dengan rata-rata untuk keterampilan mencoba, mengolah, menyaji, dan menalar adalah 78,35. Hasil dari penelitian ini digunakan untuk mendapatkan data kompetensi awal peserta didik yang digunakan untuk perancangan buku teks fisika SMA

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 20 Apr 2016 04:30
Last Modified: 20 Apr 2016 04:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/171

Actions (login required)

View Item View Item