"IBM" Pelatihan Menata Tari bagi Guru-guru SD UPTD Kec. Talamau Pasaman Barat

Astuti, Fuji and Iriani, Zora (2017) "IBM" Pelatihan Menata Tari bagi Guru-guru SD UPTD Kec. Talamau Pasaman Barat. Project Report. FBS UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
PENGABDIAN 2017.pdf

Download (929kB) | Preview

Abstract

Seiring dengan keberlangsungan kurikulum 2013 yang menjadi sasaran utama dalam proses pembelajaran adalah penggalian potensi meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Disisi lain proses pembelajaran untuk tingkat SD dilaksanakan dalam bentuk tematik. Guru SD bertindak sebagai guru kelas harus negemban semua mata pelajaran kecuali, mata pelajaran agama dan olah raga. Pada umumnya guru SD berlatar belakang pendidikan PGSD yang tidak memiliki keterampilan khusus dalam bidang seni tari. Sementara tuntutan kurikulum harus mengajarkan pendidikan seni budaya yang meliputi tari, musik, menggambarkan dan keterampilan tangan. Realitas dilapangan pendidikan seni khususnya seni tari tidak diajarkan di sekolah, karena keterbatasan guru yang tidak mampu dalam penguasaan materi. Kesulitan yang dihadapi oleh para guru SD dalam bidang seni tari hingga sekarang belum mendapatkan perhatian dari pemerintah, sehingga para siswa tidak mendapatkan pendidikan seni yang seharusnya dimiliki dalam rangka menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri. Bagi sekolah yang mampu pembelajaran tari diberikan dalam aktivitas pengembangan diri dengan mendatangkan pelatih/instruktur dari luar. Namun materi yang diberikan tidak sesuai dengan budaya dan tingkat kemampuan anak. Tari yang dibelajarkan tidak mencerminkan nilai-nilai kearifan lokal yang seharusnya dapat diapresiasi oleh peserta didik dalam rangka pembentukan nilai-nilai karakter yang dilandasi nilai-nilai kearifan lokal yang melatarinya. Untuk mengatasi masaalah tersebut, maka tim pengambdian IbM dari Program Studi Pendidikan Sendratasik FBS UNP dapat memberikan pelatihan pada guru-guru SD untuk menata tari dengan mengembangkan materi tari yang bersumber dari aktivitas kehidupan sehari-hari dan lingkungan alam sekitarnya. Dalam pelaksanaan pelatihan guru-guru peserta dilatih untuk mengkreasikan tari yang berangkat dari sebuh tema yang kemudian menata gerak melalui proses eksplorasi dari aktivitas kehidupan sehari-hari dan alam lingkungan sekitarnya. Dengan demikian akan tercipta repetoar tari yang disesuiakan dengan tingkat kemampuan anak, sehinga anak dapat menampilkan tari secara komunikatif.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LT Textbooks
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 18 Sep 2018 07:55
Last Modified: 18 Sep 2018 07:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17082

Actions (login required)

View Item View Item