Efektivitas Media Puzzle Kartu Angka dalam Meningkatkan Kemampuan Operasi Pengurangan Bagi Anak Diskalkulia Kelas IV SD N 01 Limau Manis Padang

Reafani, Sevira Liza (2018) Efektivitas Media Puzzle Kartu Angka dalam Meningkatkan Kemampuan Operasi Pengurangan Bagi Anak Diskalkulia Kelas IV SD N 01 Limau Manis Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_SEVIRA_LIZA_REAFANI_1304719_347_2018.pdf

Download (74kB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar dalam pelaksaanannya mempunyai banyak komponen seperti rencana pembelajaran, metode, media, strategi dan sebagainya. Persepsi anak saat belajar matematika membuat anak kurang tertarik untuk belajar sehingga anak sulit dalam menguasai materi. Seperti pada materi pengurangan, terdapat beberapa anak dalam menyelesaikan soal pengurangan masih kesulitan. Oleh karena itu, permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah “apakah media puzzle kartu angka efektif untuk meningkatkan kemampuan pengurangan bagi anak diskalkulia kelas IV SD N 01 Limau Manis Padang dibandingkan dengan media papan tulis?”. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu metode eksperimen berbentuk pre-experimental atau biasa disebut quasi experiment. Tujuannya untuk mengungkap pengaruh dan sekaligus perbedaan antara dua varibael yang dibedakan. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest-posttest design, dengan kelompok kontrol sama dengan kelompok eksperimen dalam penelitian. Penelitian ini dilakukan dikelas IV dengan subjek tujuh orang anak diskalkulia. Pengambilan sampel penelitian menggunakan metode total sampling dan teknik analisis data penelitian dengan uji Mann Whitney dengan taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, dalam menyelesaikan soal pengurangan dengan menggunakan media papan tulis, kemampuan anak diskalkulia menunjukkan kerendahan pada hasil test yang telah dilakukan. Kedua, dalam menyelesaikan soal pengurangan dengan menggunakan media puzzle kartu angka kemampuan anak diskalkulia menunjukkan peningkatan yang signifikan. Hasil perhitungan diperoleh Uhitung = 49 dan Utabel = 8. Berdasarkan pengujian hipotesis Ha diterima dengan Uhit ≥ Utab. Dapat disimpulkan bahwa media puzzle kartu angka terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan pengurangan bagi anak diskalkulia kelas IV SD N 01 Limau Manis Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Sep 2018 01:15
Last Modified: 19 Sep 2018 01:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17081

Actions (login required)

View Item View Item