Pelatihan Pengembangan Potensi Kreatif melalui Pembelajaran Tari pada PAUD Terpadu Taratak Minang Kec. Pasaman di Pasaman Barat

Astuti, Fuji and Mansyur, Herlinda and Lubis, Erfan (2014) Pelatihan Pengembangan Potensi Kreatif melalui Pembelajaran Tari pada PAUD Terpadu Taratak Minang Kec. Pasaman di Pasaman Barat. Other. FBS UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
PENGABDIAN 2014.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa setiap manusia memiliki otak kiri dan kanan yang dapat difungsikan sesuai kebutuhan. Cuma saja sering seseorang tidak memberdayakan fungsi tersebut sehingga mewarnai masing-masing individu ada yang menonjolkan kecerdasan olah pikir belaka dengan memfungsikan otak kiri dan ada juga yang hanya menonjolkan olah rasa dengan memfungsikan otak kanan. Pada hakekatnya kedua fungsi otak itu akan sangat harmonis jika dipaduakan dalam pengolahannya bersama kedua fingsi otak tersebut. Dikatakan demikian sangat mustahil bila seseorang mampu berkarya dengan sempurna tanpa memfungsikan kedua peran fungsi tersebut. Seseorang menciptakan karya seni tari yang indah, ekspresif dan komunikatif misalnya, pastilah hal ini dicapai dengan memberdayakan olahan fungsi otak kanan dan otak kiri, karena dalam menciptakan sebuah karya seni sangat ditunjang oleh kemampuan kreatifitas dengan olah pikir yang tinggi dengan memberdayakan otak kiri dan kemudian ditata seindah mungkin yang titopang oleh olah rasa dengan memberdayakan fungsi otak kanan. Untuk itu kita harus menyadari khusus untuk karya seni, cipta karya tari misalnya, bahwa tidak mungkin kedua peran otak tersebut berjalan sendiri-sendiri, tetapi keduanya harus dipadukan, bersinerji dengan harmonis sehingga karya tersebut bermakna dalam satu kesatuan yang indah. Pernyataan seperti yang diutarakan di atas tidak mungkin muncul secara tiba-tiba, akan tetapi butuh proses yang panjang dan kontiniu, untuk itu penggalian dan pengembangan potensi kreativitas tersebut harus sudah mulai diperkenalkan dan diasah, diasuh semenjak dari tingkat usia dini. Proses ini dapat dimulai baik dalam proses pendidikan formal maupun non- formal, dalam hal ini pelatihan yang diberikan pada PAUD sangat tepat dan besar manfaatnya dalam rangka penggalian dan pengembangan potensi kreativitas dalam keterampilan menari. Tentu saja hal ini dapat dicapai dengan melakukan pendekatan dan strategi yang tepat, agar Penggalian potensi kreativitas tersebut dapat dengan mudah dicapai. Untuk tingkat anak usia dini proses yang di laukan pada PAUD Metoda yang paling tepat digunakan adalah dengan mengangkat sebuah tema, yang kemudian dikembangkan dalam sebuah ide cerita yang dituangkan dalam bentuk kesasatuan dan keterjalinan suatu peristiwa yang dekat dengan lingkungan dan kehidupan anak-anak. Yang tidak kalah pentingnya adalah selama proses pembelajaran berlangsung diberikan dengan pendekatan bermain, sehingga anak tidak merasa ditekan, tetapi potensi itu lahir dengan rasa senang dan tanpa beban, yang pada gilirannya apa yang terlahirkan dapat diwujudkan dengan sempurna.

Item Type: Monograph (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 18 Sep 2018 07:42
Last Modified: 18 Sep 2018 07:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17076

Actions (login required)

View Item View Item