Penerapan Metode Debat pada Matakuliah Seminar Mahasiswa Pendidikan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang

Astuti, Fuji (2015) Penerapan Metode Debat pada Matakuliah Seminar Mahasiswa Pendidikan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang. Project Report. FBS UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
PENELITIAN 2015.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali kopetensi dan melatih mahasiswaagar mampu memberikan pendapat, mengajukan pertanyaan, berargument, penguasaan topik, menghargai pendapat orang lain, dengan menggunakankalimat lisan secara formal, dengan menggunakan metode debat pada matakulaih seminar. Jenis penelitain ini berupa penelitian kualitif dengan metode deskriptisanalisis. Objek penelitain adalah mahasiswa Program Studi Tari PendidikanSendratasik yang sedang mengambil mata kulaihseminar pada semester tujuhperiode Juli-desember 2015 dengan jumlah 40 orang mahasiswa. Pelaksanaan metode debat dilakukan sebanyak lima kali pertemuandengan topik diskusi yang berbeda. Dalam pelaksanaan metode debat mahasiswa dibagi menjadi dua kelompok besar yang berperan sebagai kelompok pro dankontra. Hasil penelitan menunjukkan terdapat peningkatan dari setiap pertemuanyang dilaksanakan secara berkalanjutan, Skor rata-rata dari lima kali pertemuan secara klasikal diperoleh untuk indikator memberikan pendapat skor 2,4 dengankategori cukup baik, mengajukan pertanyaan, skor 2.6 dengan kategori baik, menghargai pendapat skor 2,2 dengan kategori cukup baik, penguasaan topikskor 2,2 dengan kategori cukup baik, dan menggunakan kalimat lisan secara formal skor 2 dengan kategori cukup baik. Dari hasil yang ditemukan tersebut, pelaksanaa seminar denganmenggunakan metode debat berada pada klasifikasi kategri cukup baik dan baik.Hal ini menu njukkan bahwa perlu dilakukan proses pembelajaran baik untuk matakuliah seminar mapun pada mata kuliah lainnya dengan menggunakan metodedebat. Dikatakan demikian dengan pertamakalinya penerapan metode debat matakuliah seminar telah mampu mencapai pada posisi kalasifikasi cukup baik padaindikator tertentu dan kalsifikasi baik pada indikator lainnya. Tentu saja jikapenerapan metode debat ini dilakukan secara berkelanjutkan dapat diprediksimahasiswa mampu mencapai kriteria baik untuk semua indikator yang disajikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 18 Sep 2018 07:22
Last Modified: 18 Sep 2018 07:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17069

Actions (login required)

View Item View Item