Efektivitas Media Video Tutorial Untuk Meningkatkan Keterampilan Memasang Kampas Rem bagi Anak Tunagrahita Ringan (Quasy Eksperimen Kelas VII Di SLB N 2 Padang)

Ghazi, Rabah Humam (2018) Efektivitas Media Video Tutorial Untuk Meningkatkan Keterampilan Memasang Kampas Rem bagi Anak Tunagrahita Ringan (Quasy Eksperimen Kelas VII Di SLB N 2 Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_RABAH_HUMAM_GHAZI_1204555_215_2018.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membongkar dan memasang kampas rem lima orang anak tunagrahita ringan kelas VII di SLB N 2 Padang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk membuktikan efektivitas video tutorial untuk meningkatkan kemampuan membongkar dan memasang kampas rem untuk anak tunagrahita ringan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen yang berbentuk Quasy eksperimen dengan jenis one-pretest design. Dimana subjek penelitian diberikan pretest sebelum diberikan treatment dengan media video tutorial. Nilai dari kegiatan pretest dan posttest diolah serta dibandingkan dengan U mann Whitney. Hasil penelitian menunjukan kemampuan anak tunagrahita ringan dalam membongkar dan memasang kampas rem saat dianalisis dengan melihat nilai rata-rata, saat pretest anak tunagrahita ringan hanya 55.35%. Selanjutnya pada posttest kemampuan anak tunagrahita ringan meningkat mencapai 75,71%. Kemudian data diolah agar lebih ilmiah dengan menggunakan U Mann Whitney, diperoleh Uhit = 2.5 Utab = 2 dengan N =5 pada taraf signifikan 95% dana = 0,05. Dapat disimpulkan hipotesis diterima karena U hit> U tab, jadi terbukti bahwa media video tutorial efektif dalam meningkatkan keterampilan membongkar dan memasang kampas rem bagi anak tunagrahita ringan. Saran dalam penelitian ini adalah agar pihak sekolah berkenan menggunakan media video tutorial untuk meningkatkan kemampuan membongkar dan memasang kampas rem pada anak tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Sep 2018 01:14
Last Modified: 19 Sep 2018 01:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17067

Actions (login required)

View Item View Item