Nilai Budaya dan Fungsi Sosial Legenda Ratu Putri Kenanga di Nagari Singkarak Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok

Syukri, Muthia Rahmi (2018) Nilai Budaya dan Fungsi Sosial Legenda Ratu Putri Kenanga di Nagari Singkarak Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_MUTHIA_RAHMI_SYUKRI_1305317_1472_2018.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) nilai budaya legenda Ratu Putri Kenanga di Nagari Singkarak Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok, (2) fungsi sosial legenda Ratu Putri Kenanga di Nagari Singkarak Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok. teori yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian, yaitu: (1) hakikat folklor, (2) bentuk-bentuk folklor, (3) cerita prosa rakyat, (4) struktur legenda, (5) fakta cerita, (6) hakikat nilai budaya, dan (7) fungsi sosial cerita rakyat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, perekaman, transkripsi, transliterasi, dan klasifikasi dengan cara merekam hasil wawancara dengan informan di Nagari Singkarak Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok. Penganalisisan data dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, menganalisis. Kedua, menginterpretasikan data. Ketiga, inventarisasi. Keempat, membuat kesimpulan berdasarkan hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, nilai budaya legenda Ratu Putri Kenanga di Nagari Singkarak Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok. Nilai budaya yang terdapat dalam legenda Ratu Putri Kenanga terangkum pada konflik yang terjadi dalam empat pola hubungan manusia, yaitu: (1) hubungan manusia dengan pencipta, (2) hubungan manusia dengan alam, (3) hubungan manusia dengan manusia lain, dan (4) hubungan manusia dengan dirinya sendiri. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa masyarakat Nagari Singkarak memiliki nilai-nilai kemanusiaan yang tinggi. Kedua, fungsi sosial legenda Ratu Putri Kenanga yaitu (a) menghibur, (b)mendidik, (c) mewariskan, dan (d) tradisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Sep 2018 01:14
Last Modified: 19 Sep 2018 01:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17055

Actions (login required)

View Item View Item