Meningkatkan Keterampilan Membuat Jus Jambu Biji melalui Metode Proyek Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas III di SLB N I Padang

Rahma, Ilva (2018) Meningkatkan Keterampilan Membuat Jus Jambu Biji melalui Metode Proyek Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas III di SLB N I Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_ILVA_RAHMA_1300095_1160_2018.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB N I Padang pada anak tunagrahita kelas III. Dua orang siswa mengalami masalah dalam membuat jus jambu biji. Kemampuan awal yang dilakukan menunjukkan anak mempunyai motorik yang baik. Selama ini guru menggunakan metode ceramah dan latihan yang tidak kontiniu. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti mencoba bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam membuat jus jambu biji melalui metode proyek. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri II siklus. Setiap siklus terdiri dari enam kali pertemuan tatap muka dan di setiap pembelajaran dilakukan evaluasi. Penelitian ini peneliti lakukan dengan berkolaborasi dengan guru kelas, peneliti sebagai pemberi tindakan sedangkan guru kelas sebagai pengamat. Siklus penelitian yang dilakukan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Berdasarkan tindakan yang diberikan dan hasil analisis data menunjukkan peningkatan keterampilan membuat jus jambu biji secara signifikan. Hal ini dapat dilihat dari hasil kerja siswa secara berkelompok. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan awal anak MA 33% dan PU 46%. Siklus I MA 80% dan PU 83%. Siklus II MA 88% dan PU 93%. Berdasarkan demikian dapat disimpulkan metode proyek dapat meningkatkan keterampilan membuat jus jambu biji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Sep 2018 01:13
Last Modified: 19 Sep 2018 01:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17044

Actions (login required)

View Item View Item