Pelaksanaan Pengelolaan Kelas VD pada Sekolah Inklusi di SD Negeri 15 Ulu Gadut Padang

Dasni, Efni (2018) Pelaksanaan Pengelolaan Kelas VD pada Sekolah Inklusi di SD Negeri 15 Ulu Gadut Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_EFNI_DASNI_1200382_1200382_1159_2018.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Untuk memenuhi pendidikan dan pembelajaran yang bermutu maka diperlukan pengelolaan kelas yang optimal. Penelitian ini mengkaji pelaksanaan pengelolaan kelas anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pengelolaan kelas VD di sekolah inklusi yang mencakup beberapa indikator seperti pelaksanaan, masalah, dan upaya guru dalam mengatasi masalah yang berkaitan di dalam pengelolaan kelas VD. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 15 Ulu Gadut Padang dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif kualitatif yang difokuskan kepada pelaksanaan pengelolaan kelas VD pada sekolah inklusi. Subjek penelitian adalah guru kelas, siswa, dan kelas. Proses pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini diketemukan bahwa secara umum pengelolaan kelas VD sudah cukup sesuai dengan lingkungan yang ramah terhadap pembelajaran untuk siswa berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Seperti, pengelolaan fisik yaitu alat pengajaran, ruangan tempat berlangsung belajar mengajar, pengaturan tempat duduk, ventilasi, pengaturan cahaya, barang-barang yang dipergunakan saat proses belajar, serta alat peraga. Begitu juga dengan pengelolaan non-fisik (sosioemosional) yaitu pada saat PBM terlihat guru menggunakan tipe kepemimpinan demogratis, disiplin, tegas, menjelaskan dengan suara yang jelas, adanya tekanan pada suara, percaya diri, dan kreatif. Serta pada administrasi teknik yaitu kebersihan kelas dan catatan pribadi. Sedangkan masalah yang terdapat pada pengelolaan kelas adalah kurang lengkapnya alat pengajaran, tempat penyimpanan barang, kurangnya kerja sama antara orang tua siswa berkebutuhan khusus dengan guru, pojok belajar yang tidak terlalu sering digunakan. Upaya guru yaitu membuat atau membeli alat pengajaran, guru memfokuskan pembelajaran pada siswa berkebutuhan khusus dan proses belajar mengajar guru Er memotivasi dan mendorong siswa untuk aktif dan memberikan pendapatnya atas pertanyaan yang diberikan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Sep 2018 06:35
Last Modified: 18 Sep 2018 06:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/16977

Actions (login required)

View Item View Item