Meningkatkan Keterampilan Membuat Kotak Tisu Melalui Pendekatan PAKEM bagi Anak Tunarungu (Classroom Action Research pada Kelas VIII di SLB Wacana Asih, Padang)

Satria, Dede (2018) Meningkatkan Keterampilan Membuat Kotak Tisu Melalui Pendekatan PAKEM bagi Anak Tunarungu (Classroom Action Research pada Kelas VIII di SLB Wacana Asih, Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_DEDE_SATRIA_1304687_281_2018.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan, adanya guru kelas yang kurang memiliki keterampilan dan ilmu pengetahuan tentang membuat kotak tisu dari koran bekas, sehingga mengakibatkan anak tunarungu juga mengalami masalah dalam membuat kotak tisu dari koran bekas. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kinerja guru dalam meningkatkan kemampuan guru dan anak dalam membuat kotak tisu dari koran bekas di SLB Wacana Asih Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk memperbaiki proses pendidikan melalui perubahan, mendorong para guru,atau tutor untuk memikirkan praktik mengajar sendiri. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan guru kelas VIII. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan anak tunarungu berjumlah tiga orang berinsial WD, TS dan SS yang memiliki masalah dalam membuat kotak tisu dari koran bekas. Penelitian dilakukan di SLB Wacana asih dan kegiatan penelitian ini dilakukan dua siklus dengan sembilan pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membuat kotak tisu dari koran bekas pada anak tunarungu. Pada kondisi awal mendapatkan perolehan nilai WD 14%. Pada siklus I terjadi peningkatan 40% dan siklus II juga terjadi peningkatan 80%. Sedangkan TS mendapatkan nilai pada kondisi awal 28%, pada siklus I terjadi peningkatan kemampuan menjadi 50% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 94%. Sementara itu, SS pada kondisi awal memperoleh nilai 28%, pada siklus I mengalami peningkatan kemampuan menjadi 47% dan pada siklus II meningkat menjadi 94%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Sep 2018 08:18
Last Modified: 17 Sep 2018 08:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/16966

Actions (login required)

View Item View Item