Nilai Pendidikan Karaker dalam Novel Surga yang Tak Dirindukan Karya Asma Nadia: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Implikasi terhadap Pembelajaran Teks Novel

Yanti, Yuli Dama (2018) Nilai Pendidikan Karaker dalam Novel Surga yang Tak Dirindukan Karya Asma Nadia: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Implikasi terhadap Pembelajaran Teks Novel. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_YULI_DAMA_YANTI_14016027_315_2018.pdf

Download (164kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) nilai-nilai pendidikan karakter religius, (2) nilai-nilai pendidikan karakter bertanggung jawab, (3) nilainilai pendidikan karakter percaya diri, (4) nilai-nilai pendidikan karakter saling menghargai, (5) nilai-nilai pendidikan karakter bersikap santun, (6) nilai-nilai pendidikan karakter ingin tahu, dan (7) nilai-nilai pendidikan karakter jujur yang terdapat di dalam novel Surga yang Tak Dirindukan Karya Asma Nadia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik membaca komprehensif dan mencatat data. Analisis data yang dilakukan ada lima yakni (1) mendeskripsikan, (2) mengklasifikasikan, (3) menganalisis data, (4) menginterprestasikan, dan (5) menyusun laporan. Berdasarkan hasil penelitian, nilai pendidikan karakter yang ditemukan sebanyak 129. Berikut masing-masing nilai tersebut. Pertama, 38 nilai pendidikan karakter religius bersumber dari 30 tuturan narator dan 8 tuturan tokoh. Kedua, 13 nilai pendidikan karakter tanggung jawab bersumber dari 12 tuturan narator dan 1 tuturan tokoh. Ketiga, 10 nilai pendidikan karakter percaya diri bersumber dari 9 tuturan narator dan 1 tuturan tokoh. Keempat, 17 nilai pendidikan karakter saling menghargai bersumber dari 12 tuturan narator dan 5 tuturan tokoh. Kelima, 13 nilai pendidikan karakter bersikap santun bersumber dari 5 tuturan narator dan 8 tuturan tokoh. Keenam, 19 nilai pendidikan karakter ingin tahu bersumber dari 13 tuturan narator dan 6 tuturan tokoh. Ketujuh, 19 nilai pendidikan karakter jujur bersumber dari 16 tuturan narator dan 3 tuturan tokoh. Berdasarkan data tersebut, nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Surga yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia yakni nilai pendidikan karakter religius, nilai pendidikan karakter tanggung jawab, nilai pendidikan karakter percaya diri, nilai pendidikan karakter saling menghargai, nilai pendidikan karakter bersikap santun, nilai pendidikan karakter ingin tahu, dan nilai pendidikan karakter jujur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PQ Romance literatures
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Sep 2018 08:17
Last Modified: 17 Sep 2018 08:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/16965

Actions (login required)

View Item View Item