Pengaruh Teknik Copy the Master terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Padang

Gusnita, Yetri (2018) Pengaruh Teknik Copy the Master terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_YETRI_GUSNITA_1300813_1565_2018.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang sebelum menggunakan teknik copy the master. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang sesudah menggunakan teknik copy the master. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh teknik copy the master terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Metode eksperimen yang dipilih yakni eksperimen semu atau quasy experiment dengan desain One Group Pretest and Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang yang terdaftar tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 225 siswa dan terdiri atas tujuh kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 4 dengan jumlah 32 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum dan sesudah menggunakan teknik copy the master. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum dan sesudah menggunakan teknik copy the master. Hasil tes tersebut dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t untuk mengetahui pengaruh teknik copy the master terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang. Instrumen penelitian ini berupa tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks eksplanasi sebelum dan sesudah menggunakan teknik copy the master. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang sebelum menggunakan teknik copy the master berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 65,97. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang sesudah menggunakan teknik copy the master berada pada kualifikasi Baik Sekali (BS) dengan nilai rata-rata 85,94. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif H1 diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = (n- 1) karena ttabel<thitung yaitu 1,70<10,91. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang sesudah menggunakan teknik copy the master lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan teknik copy the master. Dengan demikian, teknik copy the master dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran keterampilan menulis teks eksplanasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Sep 2018 08:17
Last Modified: 17 Sep 2018 08:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/16962

Actions (login required)

View Item View Item