Kontribusi Keterampilan Menyimak Berita terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas IX SMP Negeri 30 Padang

Kharomah, Wahidiana Siti (2018) Kontribusi Keterampilan Menyimak Berita terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas IX SMP Negeri 30 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_WAHIDIANA_SITI_KHAROMAH_14016091_1417_2018.pdf

Download (168kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menyimak berita siswa kelas IX SMP Negeri 30 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas IX SMP Negeri 30 Padang. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi keterampilan menyimak berita terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas IX SMP Negeri 30 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kontribusikorelasional dua variabel. Populasi penelitian ini siswa kelas IX SMP Negeri 30 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 268 siswa yang dibagi dalam delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks berita dan tes objektif keterampilan menyimak berita. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, diperoleh tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks berita siswa kelas IX SMP Negeri 30 Padang berada pada kualifikasi baik. Hal ini terlihat dari perolehan rata-rata hitung tes menulis teks berita sebesar 79,17.Kedua, keterampilan menyimak berita teks berita siswa kelas IX SMP Negeri 30 Padang berada pada kualifikasi baik. Hal ini disimpulkan berdasarkan rata-rata hitung sebesar 82,56. Ketiga, keterampilan menyimak berita memiliki kontribusi sebesar 14,21% terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas IX SMP Negeri 30 Padang dan selebihnya (85,79%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penenelitian, disimpulkan bahwa keterampilan menyimak berita berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas IX SMP Negeri 30 Padang. Dengan kata lain, hipotesis kerja (H1) yang berbunyi ―Terdapat kontribusi keterampilan menyimak berita terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas IX SMP Negeri 30 Padang‖ diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Sep 2018 08:17
Last Modified: 17 Sep 2018 08:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/16958

Actions (login required)

View Item View Item