Pembinaan Kompetensi Profesional Guru oleh Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Padang Utara Kota Padang

Idianti, Sari (2018) Pembinaan Kompetensi Profesional Guru oleh Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SARI_IDIANTI_1300053_1168_2018.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil pengamatan sementara yang menunjukan bahwa, pembinaan kompetensi profesional guru oleh kepala sekolah belum terlaksana sebagaimana mestinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembinaan kompetensi profesional guru oleh kepala sekolah di SD Negeri Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembinaan kompetensi profesional guru oleh kepala sekolah di SD Negeri Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Indikator pembinaannya adalah berupa bimbingan, arahan dan pengawasan. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui bagaimana pembinaan kompetensi profesional guru oleh kepala sekolah di SD Negeri Kecamatan Padang Utara Kota Padang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan populasi seluruh guru SD Negeri Kecamatan Padang Utara Kota Padang yang berjumlah 238 orang. Untuk menentukan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin sehingga jumlah sampel didapatkan sebanyak 78 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan angket model Skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata (mean). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembinaan kemampuan menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu memperoleh skor rata-rata 3,5 dengan kategori cukup 2) pembinaan kemampuan menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran memperoleh skor rata-rata 3,5 dengan kategori cukup 3) pembinaan kemampuan mengembangkan materi pembelajara secara kreatif memperoleh skor rata-rata 3,5 dengan kategori cukup 4) pembinaan kemampuan mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif memperoleh skor rata-rata 3,5 dengan kategori cukup 5) pembinaan kemampuan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri memperoleh skor rata-rata 3,6 dengan kategori baik. Secara keseluruhan pembinaan kompetensi profesional guru oleh kepala sekolah di SD Negeri Kecamatan Padang Utara Kota Padang berada pada kategori cukup dengan skor rata-rata 3,5.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Sep 2018 08:17
Last Modified: 17 Sep 2018 08:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/16954

Actions (login required)

View Item View Item