Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Padang

Harapan, Rori (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_RORI_HARAPAN_1300775_4587_2018.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap tingkat keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitin kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang yang terdaftar tahun pelajaran 2016/2017. Kelas X tersebut terdiri atas sembilan kelas dengan jumlah siswanya 277 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X 8 SMA Negeri 15 Padang dengan jumlah siswa 30 orang. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis cerpen sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang. Data penelitian ini adalah skor tes keterampilan menulis cerpen sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis cerpen sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis cerpen sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 72,91. Kedua, keterampilan menulis cerpen sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang berada pada kualifikasi Baik (S) dengan nilai rata-rata 80,69. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95%. karena thitung > ttabel, yaitu 3,779>1,70. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih rendah dibandingkan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (72,91<80,69). Dengan kata lain, model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 15 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Sep 2018 08:17
Last Modified: 17 Sep 2018 08:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/16953

Actions (login required)

View Item View Item