Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Laporan Hasil Observasi dan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa kelas VII SMPN 2 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman

Susanti, Peni (2018) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Laporan Hasil Observasi dan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa kelas VII SMPN 2 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_PENI_SUSANTI_14016017_2836_2018.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMPN 2 Nan Sabaris. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMPN 2 Nan Sabaris. Ketiga, mendeskripsikan korelasi keterampilan membaca pemahaman teks laporan hasil observasi dan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMPN 2 Nan Sabaris. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan desain korelasional. Populasi adalah siswa kelas VII SMPN 2 Nan Sabaris yang berjumlah 105 orang yang terbagi atas empat kelas. Sampel penelitian ini adalah 32 orang. Penelitian terdiri atas dua variabel, yaitu variabel bebas (keterampilan membaca pemahaman teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMPN 2 Nan Sabaris) dan variabel terikat (keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMPN 2 Nan Sabaris). Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman teks laporan hasil observasi dan skor hasil tes keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif untuk keterampilan membaca pemahaman teks laporan hasil observasi dan tes unjuk kerja untuk keterampilan menulis teks laporan hasil observasi. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMPN 2 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman berada pada kualifikasi baik (84,14). Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMPN 2 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman berada pada kualifikasi baik (80,08). Ketiga, keterampilan membaca pemahaman teks laporan hasil observasi memiliki korelasi dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMPN 2 Nan Sabaris. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMPN 2 Nan Sabaris memiliki korelasi yang signifikan dengan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMPN 2 Nan Sabaris. Setelah data dianalisis maka diperoleh nilai thitung (5,652) lebih besar dari ttabel (1,70) pada derajat kebebasan n-2 (30) dan taraf kepercayaan 95%. Dengan demikian, untuk keterampilan menulis teks laporan hasil observasi diperlukan keterampilan membaca pemahaman teks laporan hasil observasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Sep 2018 08:17
Last Modified: 17 Sep 2018 08:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/16949

Actions (login required)

View Item View Item