Hubungan Pengetahuan tentang Pengumuman dengan Keterampilan Menulis Pengumuman Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Padang.

Sari, Novita (2018) Hubungan Pengetahuan tentang Pengumuman dengan Keterampilan Menulis Pengumuman Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_NOVITA_SARI_1200878_316_2018.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini terdiri atas tiga hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan pengetahuan tentang tingkat kemampuan pengumuman siswa kelas VII SMP Negeri 16 Padang. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis pengumuman siswa kelas VII SMP Negeri 16 Padang. Ketiga, menganalisis hubungan pengetahuan tentang pengumuman dengan keterampilan menulis pengumuman siswa kelas VII SMP Negeri 16 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 16 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016-2017. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Variabel penelitian ini adalah pengetahuan tentang pengumuman sebagai variabel X (variabel bebas) dan keterampilan menulis pengumuman sebagai variabel Y (variabel terikat). Data penelitian ini adalah skor hasil tes pengetahuan tentang pengumuman siswa kelas VII SMP Negeri 16 Padang dan skor hasil tes keterampilan menulis pengumuman siswa kelas VII SMP Negeri 16 Padang. Hasil penelitian ini terdiri atas tiga hal sebagai berikut. Pertama, pengetahuan tentang pengumuman siswa kelas VII SMP Negeri 16 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata hitung 80,09. Kedua, keterampilan menulis pengumuman siswa kelas VII SMP Negeri 16 Padang berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata hitung 80,79. Ketiga, berdasarkan hasil uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf kepercayaan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n-1 karena thitung > ttabel (2,71 > 1,70). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan tentang pengumuman dengan keterampilan menulis pengumuman siswa kelas VII SMP Negeri 16 Padang karena thitung > ttabel (2,71 > 1,70). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara pengetahuan tentang pengumuman dengan keterampilan menulis pengumuman siswa kelas VII SMP Negeri 16 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Sep 2018 08:17
Last Modified: 17 Sep 2018 08:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/16941

Actions (login required)

View Item View Item