Pengembangan Model Pariwisata Pendidikan (Edutaurism) melalui Pengenalan Taman Kincir Angin (Windmill Techno Park) pada Kawasan Pantai

Hasanuddin, Hasanuddin and Nurdin, Hendri and Waskito, Waskito and Refdinal, Refdinal (2017) Pengembangan Model Pariwisata Pendidikan (Edutaurism) melalui Pengenalan Taman Kincir Angin (Windmill Techno Park) pada Kawasan Pantai. Project Report. FT UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
Hasanuddin_Lap Akhir Tahun PUPT_UNP_2017.pdf

Download (839kB) | Preview

Abstract

Pariwisata sering dipersepsikan sebagai mesin penghasil devisa suatu negara, sehingga tak mengherankan dewasa ini banyak negara terus berbenah diri mengembangkan potensi sumberdaya wisatanya. Indonesia dengan aneka ragam potensi sumberdaya wisatanya, selama ini masih mengunggulkan pulau Bali sebagai primadona kunjungan wisatawan. Akan tetapi dibandingkan dengan negara tetangga seperti Thailand masih tertinggal dan kalah jauh dari segi jumlah kunjungan wisatawan, apa lagi segi aspek pengembangan dan pengelolaannya. Demikian pula halnya dengan daerah Sumatera Barat, yang potensial sebagai daerah wisata kondisinya jauh dari harapan, belum lagi dapat dihandalkan sebagai tujuan utama pariwisata. Kawasan dan objek kunjungan wisata masih bergerak lamban sehingga kurang terlihat dampaknya terhadap perekonomian masyarakat. Salah satu faktor penyebab yang mungkin dalam hal ini adalah belum adanya suatu daya tarik & pembeda dibandingkan dengan daerah wisata lainnya. Pengenalan taman wisata kincir angin “windmill techno park“ pada kawasan objek wisata pantai adalah suatu tawaran, yang dikombinasikan pengelolaannya sebagai tempat rekreasi & wisata pendidikan sehingga membuatnya berbeda dan istimewa menjadi objek wisata tepian pantai (WTP) bernuansa pendidikan & teknologi. Dengan kelengkapan sarana dan prasarana wisata serta pemasangan sejumlah kincir angin beraneka rupa sekaligus memberikan kesan pemandangan tersendiri dan berfungsi sebagai media pembelajaran dengan memperlihatkan segi perkembangan tingkatan teknologinya (Road Map of Technology).

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin - D3
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 14 Sep 2018 02:42
Last Modified: 14 Sep 2018 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/16849

Actions (login required)

View Item View Item