Nilai-nilai Edukatif Lagu-lagu Minang untuk Membangun Karakter Peserta Didik

Desyandri, Desyandri and Dardiri, Achmad and Astuti, Kun Setyaning (2015) Nilai-nilai Edukatif Lagu-lagu Minang untuk Membangun Karakter Peserta Didik. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 3 (2). pp. 126-141. ISSN 2302-6383

[img]
Preview
Text
Desyandri (2015) Nilai-nilai Edukatif LAgu-lagu Minang (Jurnal PPFA Vol3 No2).pdf

Download (432kB) | Preview
Official URL: http://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mengidentifikasikan nilai-nilai edukatif lagu-lagu Minang untuk membangun karakter peserta didik. Metode penelitian adalah penelitian konseptual (literatur review), teknik pengumpulan data menggunakan observasi berperan serta, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis hermeneutik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lagu Minangkabau dan Kampuang nan Jauah di Mato memiliki 9 (sembilan) nilai-nilai edukatif, yaitu: (1) Ketuhanan (syarak atau agamo), (2) kecintaan terhadap ranah Minang, (3) persaudaraan dan gotong-royong, (4) kesatuan dan kebersamaan, (5) musyawarah dan mufakat, (6) adil dan damai, (7) keteguhan hati, (8) waspada, dan 9) disiplin. Nilai-nilai edukatif lagu-lagu Minang tersebut dijadikan sebagai pedoman dalam mengarahkan pikiran, tindakan, dan perilaku peserta didik, sehingga dapat diwujudkan peserta didik yang beradat, beradab, berkarakter.

Item Type: Article
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 14 Sep 2018 01:53
Last Modified: 14 Sep 2018 01:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/16837

Actions (login required)

View Item View Item