Analisis Efisiensi Teknis Anggaran Belanja Sektor Kesehatan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat Tahun 2012-2014

Idrus, Yudhi Pratama I (2017) Analisis Efisiensi Teknis Anggaran Belanja Sektor Kesehatan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Barat Tahun 2012-2014. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_09_YUDI_PRATAMA_IDRUS_1207294_2540_2017.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efisiensi sektor publik terutama belanja sektor kesehatan pemerintah daerah. Dengan menggunakan konsep efisiensi teknis yang didasarkan pada teori efisiensi anggaran dan teori pengeluaran pemerintah, pengukuran nilai efisiensi diperoleh dengan menggunakan metode analisis Data Envelopment Analysis (DEA), dimana dengan metode DEA nilai efisiensi yang diperoleh berupa efisiensi teknis secara relatif. Lebih lanjut, dengan mendasarkan pada penelitian serupa yang pernah dilakukan oleh Jafarov dan Gunnarsson tahun 2008, maka selain variabel input berupa belanja kesehatan pemerintah daerah dan variabel output berupa derajat kesehatan masyarakat yaitu indikator Angka Kematian Ibu, Angka Kematian Balita, Angka Kematian Kasar, Angka Kesakitan dan Tingkat Insiden DBD. Perhitungan nilai efisiensi teknis yang diperoleh dalam penelitian ini dilakukan secara parsial dengan menghubungkan masing-masing variabel tersebut, sehingga dalam penelitian ini akan ditemukan nilai efisiensi untuk teknis sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum sebagian besar daerah kabupaten/ kota di Provinsi Sumatera Barat masih belum efisien dalam teknis biaya kesehatan, karena apabila dilihat dari anggaran pemerintah pada sektor kesehatan di tahun 2012-2014 secara umum mengalami peningkatan namun mengapa masih terjadi inefisiensi terhadap indikator derajat kesehatan masyarakat. Hal ini mengindikasikan masih terjadinya pemborosan dalam penggunaan belanja kesehatan yang cukup besar namun tidak diikuti dengan pengadaan fasilitas dan layanan kesehatan yang memadai bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Sep 2018 00:52
Last Modified: 13 Sep 2018 00:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/16757

Actions (login required)

View Item View Item