Pengaruh Fluktuasi Harga Minyak Dunia, Belanja Modal, dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Ketimpangan Pendapatan di Indonesia

Musfetriyeti, Wita (2017) Pengaruh Fluktuasi Harga Minyak Dunia, Belanja Modal, dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Ketimpangan Pendapatan di Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_09_WITA_MUSFETRIYETI_1307158_5435_2017.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga minyak dunia (X1), belanja modal (X2),pertumbuhan ekonomi (X3), terhadap ketimpangan pendapatan(Y) di Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Data dalam penelitian ini adalah data sekunder dari tahun 1985 sampai tahun 2015 dengan teknik pengumpulan data dokumentasi dan studi kepustakaan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis induktif. Pada analisis induktif terdapat beberapa uji yaitu: (1) Uji Regresi Linier Berganda; (2) Analisis Asumsi Klasik; (3) Uji t dan Uji F. Hasil Penelitian memperlihatkan bahwa harga minyak dunia berpengaruh signifikan dan positif terhadap ketimpangan di Indonesia, serta belanja modal , dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh signifikan dan negatif terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia a = 0,05. Berdasarkan kesimpulan penelitian yang diperoleh dari penelitian ini maka dapat dikemukakan saran yaitu pemerintah dan semua pemangku kepentingan (stakeholders) harus bersama-sama membantu dalam upaya mengurangi atau mengeleminasi pengaruh fluktuasi harga minyak dunia di dalam negeri. Langkah yang kongkret yaitu perlu segera diupayakan adalah mentransformasikan kebiasaan yang semula boros BBM menjadi hemat BBM serta mendorong kebijakan pengembangan sumber energi alternatif yang berkualitas kerena Indonesia kaya dengan sumber energi serta ketegasan dalam stuktur alokasi belanja modal pada APBN sesuai dengan tujuan dan sasaran program pembangunan yang telah ditetapkan serta didesain secara tepat guna menyentuh aktivitas perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Sep 2018 00:52
Last Modified: 13 Sep 2018 00:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/16753

Actions (login required)

View Item View Item