Analisis Dampak Investasi Swasta, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja, dan Pengeluaran Pemerintah Terhadap Distribusi Pendapatan di Indonesia

Annisa, Nurul (2017) Analisis Dampak Investasi Swasta, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja, dan Pengeluaran Pemerintah Terhadap Distribusi Pendapatan di Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_09_NURUL_ANNISA_1207278_2584_2017.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari (1) Investasi swastaterhadap distribusi pendapatan di Indonesia; (2) Tingkat partisipasi angkatan kerja terhadap distribusi pendapatan di Indonesia; (3) dan Pengeluaran pemerintah terhadap distribusi pendapatan di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Bentuk data adalah data time series, panel data, dan cross section periode waktu 2010-2015. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan studi pustaka. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif dan Analisis Induktif yang terdiri atas: Analisis data panel, Koefisien Determinasi (R), Uji t dan Uji F. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari BPS (Badan Pusat Statistik) dan DJPK (Departemen Jenderal Perimbangan Keuangan) tahun 2010-2015, serta analisis dalam penelitian ini menggunakan Eviews 6. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa (1) Investasi swastaberpengaruh negatif dan tidak signifikan (prob = 0,6798 >a = 0,05) terhadap distribusi pendapatan di Indonesia dengan tingkat pengaruh sebesar 0,000985(2) Tingkat partisipasi angkatan kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan (prob = 0,8224> a = 0,05) terhadap distribusi pendapatan di Indonesia dengan tingkat pengaruh sebesar 0,000236 (3) Pengeluaran Pemerintah berpengaruh negatif dan signifikan (prob = 0,0239> a = 0,05) terhadap distribusi pendapatan di Indonesia. Berdasarkan penelitian ini, disarankan bagi pemerintah dan instansi terkait untuk mendorong para investor untuk berinvestasi di Indonesia, salah satu langkahnya adalah dengan menciptakan kondisi yang kondusif di negara Indonesia oleh warga negara Indonesia. serta disarankan bagi pemerintah untuk meningkatkan angkata kerja seiring dengan bertambahnya partisipasi penduduk yang bekerja, hal ini dapat berarti peningkatan TPAK diiringi dengan menurunnya partisipasi penduduk yang bekerja ini pertanda bahwa pemicu tingginya TPAK adalah meningkatnya penduduk yang mencari pekerjaan. Hal ini akan mengakibatkan terjadinya pengangguran dan perlunya peningkatan kualitas SDM untuk memacu distirbusi pendapatan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Sep 2018 07:44
Last Modified: 12 Sep 2018 07:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/16730

Actions (login required)

View Item View Item