Pengaruh Luas Lahan Pertanian, Output Pertanian, Dan Upah Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Pertanian di Provinsi Sumatera Barat

Ningsih, Nunik Listia (2017) Pengaruh Luas Lahan Pertanian, Output Pertanian, Dan Upah Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Pertanian di Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_09_NUNIK_LISTIA_NINGSIH_1207325_2549_2017.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh (1) luas lahan pertanian (2) output pertanian (3) upah (4) luas lahan pertanian, output pertanian dan upah terhadap penyerapan tenaga kerja sektor pertanian di Provinsi Sumatera Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Data dalam penelitian adalah data sekunder dari tahun 1985- 2015 dengan teknik pengumpulan data dokumentasi dan studi kepustakaan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis induktif. Pada analisis induktif terdapat beberapa uji yaitu: (1) Analisis Regresi Linear Berganda; (2) Uji t dan Uji F. Hasil Penelitian memperlihatkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara luas lahan pertanian terhadap penyerapan tenaga kerja sektor pertanian di Provinsi Sumatera Barat (sig 0,012 < a = 0,05). (2) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara output pertanian terhadap penyerapan tenaga kerja sektor pertanian di Provinsi Sumatera Barat (sig 0,000 < a = 0,05). (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dan negatif antara upah terhadap penyerapan tenaga kerja sektor pertanian di Provinsi Sumatera Barat (sig 0,007 < a = 0,05). (4) Secara bersama-sama luas lahan sektor pertanian, output pertanian dan upah berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja sektor pertanian di Provinsi Sumatera Barat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka diharapkan kepada pemerintah untuk melakukan pembangunan kembali infrastruktur pertanian yang telah rusak, diharapkan meningkatkan upah sektor pertanian agar dapat mengoptimalkan kegiatan ekonomi serta penggunaan tenaga kerja sektor sektor pertanian di Provinsi Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Sep 2018 07:41
Last Modified: 12 Sep 2018 07:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/16720

Actions (login required)

View Item View Item