Pengaruh Tingkat Kesehatan dan Tingkat Pendidikan Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja Indonesia Dengan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja Sebagai Variabel Moderasi

Ayu, Mustika (2017) Pengaruh Tingkat Kesehatan dan Tingkat Pendidikan Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja Indonesia Dengan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja Sebagai Variabel Moderasi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_09_MUSTIKA_AYU_1303629_4897_2017.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh tingkat kesehatan, tingkat pendidikan terhadap produktivitas tenaga kerja di Indonesia dengan tingkat partisipasi angkatan kerja sebagai variabel moderasi. Tingkat kesehatan diukur menggunakan angka harapan hidup penduduk usia 15 tahun keatas, tingkat pendidikan diukur menggunakan lama rata-rata sekolah penduduk usia 15 tahun keatas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif yaitu penelitian yang mendeskripsikan variabel penelitian dan menemukanan ada tidaknya pengaruh antara variabel bebas dengan variabel terikat. Jenis data dalam penelitian ini adalah data sekunder dan data panel dari tahun 2011-2015 per Provinsi di Indonesia. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis induktif. Pada analisis induktif terdapat beberapa uji yaitu: Moderated Regression Analysis, Model Regresi Panel, Uji Asumsi Klasik dan Uji t. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa (1) Tingkat kesehatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja di indonesia (2) Tingkat pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja di indonesia (3) interaksi tingkat kesehatan dan tingkat partisipasi angkatan kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja di indonesia (4) interaksi tingkat pendidikan dan tingkat partisipasi angkatan kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja di Indonesia (5) Tingkat partisipasi angkatan kerja merupakan variabel quasi moderator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 Sep 2018 08:37
Last Modified: 10 Sep 2018 08:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/16707

Actions (login required)

View Item View Item