Analisis Pengukuran Kinerja Program Studi D3 Manajemen Perdagangan Fakultas Ekonomi UNP Menggunakan Metode Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE)

Fitri, Yuli (2017) Analisis Pengukuran Kinerja Program Studi D3 Manajemen Perdagangan Fakultas Ekonomi UNP Menggunakan Metode Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_YULI_FITRI_1303562_2818_2017.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja Program Studi D3 Manajemen Perdagangan Fakultas Ekonomi UNP ditinjau menggunakan metode Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE) dan menganalisis kriteria-kriteria Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence (MBCfPE) mana saja yang perlu diperbaiki oleh Program Studi D3 Manajemen Perdagangan Fakultas Ekonomi UNP untuk meningkatkan kinerja yang unggul. Metode penelitian yang digunakan berupa metode penelitian deskriptif karena dengan bentuk penelitian ini memungkinkan peneliti menggambarkan objek penelitian berdasarkan fenomena yang terjadi. Sampel penelitian ini adalah seluruh tenaga pendidik dan/atau tenaga kependidikan Program Studi D3 Manajemen Perdagangan Fakultas Ekonomi UNP yang berjumlah 16 orang dengan menggunakan teknik pegambilan sampel yaitu sampling jenuh (jenuh). Teknik pengumpulan data melalui survei menggunakan instrument kuesioner yang disesuaikan dengan kerangka MBCfPE 2011-2012 kriteria pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perolehan skor persentase item kriteria hasil evaluasi Approach, Deployment, Learning, Integration (ADLI) dan evaluasi Level, Trend, Comparison, Integration (LTCI) berada pada range 70 persen sampai 85 persen. 2) nilai kinerja yang diperoleh Program Studi D3 Manajemen Perdagangan Fakultas Ekonomi UNP adalah 806.30 poin dimana nilai tersebut dikategorikan sebagai organisasi Benchmark Leader dan berada pada level Excellence. 3) berdasarkan pencapaian hasil gaps yang diperoleh dari perbandingan nilai maksimum kinerja MBCfPE, kriteria Operation Focus memiliki nilai gap tertinggi yaitu 84,41 persen. Ini menunjukan bahwa kriteria Operation Focus menjadi prioritas utama yang perlu diperbaiki Program Studi D3 Manajemen Perdagangan Fakultas Ekonomi UNP untuk meningkatkan kinerja unggul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Sep 2018 02:00
Last Modified: 07 Sep 2018 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/16615

Actions (login required)

View Item View Item