Tinjauan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) pada Homestay Rumah Gadang Nan Tigo

Ramayanti, Yessi (2017) Tinjauan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) pada Homestay Rumah Gadang Nan Tigo. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_YESSI_RAMAYANTI_1308343_2093_2017.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan lebih mendalam bagaimana bauran pemasaran (marketing mix) yang diterapkan oleh Homestay Rumah Gadang Nan Tigo selama ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi lapangan dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Homestay Rumah Gadang Nan Tigo tidak hanya menawarkan jasa penginapan saja, melainkan juga menawarkan beberapa layanan tambahan untuk menunjang aktivitas wisata para tamu. Harga yang ditetapkan oleh homestay ini untuk penyewaan satu unit kamar per malam berkisar dari Rp.400.000- Rp.600.000. Homestay Rumah Gadang Nan Tigo berlokasi di Perkampungan Jambak, Jorong Koto Marapak, Kenagarian Lambah, Kecamatan IV Angkek, Agam. Perusahaan melakukan promosi melalui media mulut ke mulut, media sosial, dan website Airbnb dan GoArchipelago. Bukti fisik yang dimiliki Homestay Rumah Gadang Nan Tigo cukup mendukung jasa yang ditawarkan. Proses jasa berlangsung mulai dari saat tamu melakukan pemesanan, datang ke lokasi serta melakukan aktivitas di homestay hingga tamu meninggalkan lokasi. Para tamu Homestay Rumah Gadang Nan Tigo dilayani oleh para SDM yang memiliki tugas dan tanggungjawabnya masing-masing. Adapun masalah yang dihadapi Homestay Rumah Gadang Nan Tigo saat ini adalah belum meningkatnya volume penjualan secara signifikan. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, diantaranya masih banyak calon konsumen yang beranggapan bahwa konsep layanan yang ditawarkan oleh Homestay Rumah Gadang Nan Tigo adalah sama dengan konsep layanan yang ditawarkan oleh hotel atau penginapan pada umumnya. Selain itu, Homestay Rumah Gadang Nan Tigo belum melakukan promosi secara maksimal. Sumber daya yang dimiliki Homestay Rumah Gadang Nan Tigo juga belum menguasai kemampuan komunikasi dan bahasa secara baik. Oleh karena itu, diharapkan Homestay Rumah Gadang Nan Tigo dapat memperbaiki serta memaksimalkan penerapan bauran pemasaran (marketing mix) di masa mendatang guna menarik minat konsumen serta meningkatkan volume penjualan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Sep 2018 02:00
Last Modified: 07 Sep 2018 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/16608

Actions (login required)

View Item View Item