Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn dengan Model Kooperatif Tipe Course Review Horay di Kelas VI A SD N 10 Sapiran Kota Bukittinggi

Reinita, Reinita and Faridah, S and Fatihah, Saslabila Nur and Menia, Aida (2017) Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn dengan Model Kooperatif Tipe Course Review Horay di Kelas VI A SD N 10 Sapiran Kota Bukittinggi. Project Report. FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
PENELITIAN 2 REINITA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penerapan nilai-nilai luhur budaya yang berdasar nilai-nilai Pancasila sebagai karakter bangsa kepada siswa SD dinilai sangat penting. Pada waktu usia sekolah dasar merupakan waktu yang tepat untuk membina dan menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila oleh guru kepada siswa. Melalui pembelajaran PKn di SD guru dapat melaksanakan penanaman, pembinaan nilai luhur budaya sebagai karakter bangsa pada siswa SD. Permasalahan yang peneliti temukan di kelas IV A SD Negeri 10 Sapiran Kota Bukittinggi dari aspek guru adalah guru masih merasa kesulitan melaksanakan proses pembelajaran PKn di SD. Guru kurang berhasil membelajarkan PKn secara utuh meliputi aspek kognitif, afektif, psikomotor. Pada aspek afektif sering kali gagal melaksanakan pembinaan sikap pada siswa bahkan sering terabaikan dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan pembinaan sikap yang mencerminkan nilai luhur karakter bangsa tidak dapat dilakukan. Berbagai permasalahan yang dirasakan tersebut berpengaruh terhadap siswa, dimana rendahnya hasil belajar siswa, siswa kurang mendapat pembinaan sikap yang harus diterapkannya, pembelajaran tidak menarik atau menyenangkan bagi siswa, siswa kurang terlibat didalam pembelajaran, siswa tidak bersemangat dan siswa tidak mampu bekerja sama dalam pembelajaran PKn. Yang pada prinsipnya permasalahan-permasalahan yang dirasakan oleh guru dan siswa tersebut sangat berpengaruh terhadap rendahnya hasil belajar PKn siswa. Berdasarakan permasalahan tersebut, peneliti memilih dan menggunakan salah satu model pembelajaran yang memiliki keunggulan dalam pencapaian setiap aspek pembelajaran PKn. Salah satu modelnya adalah model kooperatif tipe course review horay. Model ini berupaya menarik siswa dan membuat siswa terlibat dalam proses pembelajaran, membuat pembelajaran tidak monoton karena diselingi sedikit hiburan sehingga suasana pembelajaran menyenangkan, membuat siswa lebih bersemangat dalam belajar, membuat siswa lebih bersemangat dalam pembeajaran, melatih siswa

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 30 Aug 2018 07:07
Last Modified: 30 Aug 2018 07:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/16335

Actions (login required)

View Item View Item